Mendidik dengan Hati

Persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki beragam jenis tanah. Ada daerah yang tanahnya subur, kurang subur, bahkan sulit kekurangan air. Berikut ini persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia :
Persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia
1. Litosol
Pengertian litosol adalah tanah yang masuh baru mengalami pelapukan dan belum mengalami perkembangan tanah. Tanah litosol berasal dari batuan granit dan konglomerat. Tanah litosol merupakan tanah yang subur dan dimanfaatkan untuk menanam pohon seperti pohon pinus, jati, akasia dan sebagainya. Persebaran tanah litosol di daerah Madura, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Maluku Selatan, dan Nusa Tenggara.
2. Latosol
Pengertian latosol adalah tanah yang sudah mengalami pelapukan secara intensif. Ciri warna tanah ini tergantung dari bahan induk dan keadaan iklim sekitarya. Tanah latosol berasal dari vulkan intermedier. Tanah latosol termasuk kategori tanah yang subur yang bisa dimanfaatkan untuk perkebunan dan pertanian. Persebaran tanah latosol di indonesia ada di seluruh wilayah Indonesia kecuali daerah Maluku Selatan dan Nusa Tenggara.
3. Aluvial
Pengertian aluvial adalah tanah muda dari hasil pengendapan sungai. Karakteristik tanah aluvial tergantung dari tanah asalnya yang dibawa oleh sungai. Pada umumnya tanah aluvial ini berasal dari gunung berapi seperti banjir lahar dingin yang membuat tanah menjadi subur. Tanah aluvial ini sangat subur yang cocok untuk persawahan. Persebaran tanah aluvial di Indonesia terdapat di lembah sungai dan daerah dataran pantai seperti di Delta sungai Brantas, Indramayu, Bekasi, dan Karawang.
4. Regosol
Pengertian regosol adalah tanah yang terdiri dari abu vulkanik, batuan sedimen, dan bukit pasir. Kategori tanah ini cukup subur. Jenis tanah regosol ini dibagi menjadi empat berdasarkan warna yaitu tanah regosol coklat kekuningan, cokelat, cokelat kemerahan, dan merah kuning. Pemanfaatan tanah regosol biasa ditanamai tebu, kelapa, palawija, dan padi. Persebarannya di daerah lereng gunung berapi.
5. Grumosol atau Margalit
Pengertian tanah grumosol adalah tanah yang terdapat pada batu kapur, sedimen stuff, di lembah kaki pengunungan, dan endapan aluvial. Naha grumosol ini kategori tanah yang cukup subur dan sering dimanfaatkan untuk pertanian tebu dan padi. Persebarannya banyak di daerah Nusa Tenggara, Jawa Timur, Gunung Kidul Yogyakarta, dan Madura.
6. Organosol

Pengertian organosol adlaah tanah yang banyak mengandung bahan organik. Tanah organosol disebut juga tanah gambut. Tanah ini berasal dari endapat bahan organik seperti kumpulan dedaunan atau pohon-pohon yang telah membusuk. Kategori tanah ini kurang subur. Persebaran tanah organosol banyak di daerah Papua, Kalimantan, dan di Sumatra wilayah Utara.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar