3 Bagian Rangka Manusia Lengkap Beserta Fungsinya

Pak Mono akan menjelaskan 3 bagian rangka pada manusia beserta fungsinya. Rangka manusia yang sifatnya keras dan kokoh ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu rangka anggota gerak, rangga badan, dan rangka kepala atau tengkorak.

1. Rangka kepala atau tengkorak
Berdasarkan pembagiannya rangka kepala dibagi menjadi dua yaitu tengkorak muka dan tengkorak otak. Tulang yang menyusun rongga otak adalah tengkorak otak. Sedangkan tengkorak muka terdiri dari tengkorak muka bagian depan dan bagian bawah. Di antara tengkorak muka terdapat rongga mulut dan rongga hidung.
Fungsi tengkorak otak adalah melindungi otak kita dari gangguan luar. Otak sifatnya sangat lunak. Sedangkan fungsi otak itu sendiri adalah sebagai pusat aktifitas tubuh. Tulang tengkorak atau kepala manusia terdiri atas tulang rahang bawah, tulang rahang atas, tulang hidung, tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, dan tulang pipi.
2. Rangka badan
Tulang rangka dibagi menjadi tiga bagian yaitu tulang panggul, rangka dada, dan ruas tulang belakang. Tulang rangka dada terdiri atas : 
– 3 pasang rusuk palsu
– 7 pasang rusuk tulang asli
– 2 pasang rusuk melayang, mengapa disebut sebagai tulang melayang? Karena tidak hubung dengan tulang dada. Jika rusuk ini terkena benda keras maka rasanya akan sangat sakit.
3. Rangka anggota gerak 
Rangka anggota gerak ini dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu tulang kaki dan tulang tangan.
a. Tulang tangan
3 Bagian rangka manusia lengkap beserta fungsinya
tulang tangan ini fungsinya banyak banget, misalnya kita mengambil sesuatu pasti menggunakan tangan. Fugnsi lain seperti membawa barang, berjabat tangan, melindungi diri saat akan terjatuh, dan lain-lain.  Tulang tangan terdiri dari ruas jari-jari tangan, tulang telapak tangan, tulang pergelangan tangan, tulang hasta, tulang pengumpil, dan tulang pangkal lengan.
b. Tulang kaki
3 Bagian rangka manusia lengkap beserta fungsinya
Kita mudah berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dengan menunggunakan kaki kita. Menendang bola juga menggunakan kaki. Apa saja sih tulang yang menyusun kaki kita? Tulang kaki ini tersusun atas tulang ruas jari-jari kaki, tulang telapak kaki, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang kering, tulang tempurung, tulang paha, dan tulang pangkal paha.
Demikianlah penjelasan tentang 3 bagian rangka manusia beserta fungsinya. Kita bersyukur bawah tulang kita masih lengkap dan masih sehat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *