Mendidik dengan Hati

Cara Menyembuhkan Pilek Dan Hidung Tersumbat

Penyakit yang terbilang ringan ini memang sangat mengganggu aktivitas. Kalau kerja pun jadi susah konsentrasi. Sedikit-sedikit bersin dan menghirup ingus dan sebagainya. Pilek merupakan radang pada lapisang hidung dan tenggorokan sehingga terjadi produksi lendir yang berlebihan. Gejala pilek antara lain bersin-bersin, hidung meler, hidung tersumbat, batuk, dan nyeri pada tenggorokan.
Cara Menyembuhkan Pilek Dan Hidung Tersumbat
Pilek disebabkan oleh virus coronaviruses. Virus ini mudah menular melalui udara. Misalnya orang yang bersin akan mengeluarkan butiran-butiran lendir yang kecil. Jika terhirup oleh kita, maka kita bisa tertular pilek.
Cara Menyembuhkan Pilek Dan Hidung Tersumbat
Sebenarnya virus pilek ini akan mudah menyerang kita jika kondisi tubuh kita tidak fit. Agar flu atau pilek kita cepat sembuh, berisitirahatlah yang cukup. Berikut ini upaya yang bisa dilakukan agar pilek cepat sembuh dari alodokter.com
1. Mengkonsumsi obat-obatan
Sebaiknya konsumsi obat-obatan yang dibeli dari apotik. Contoh obat yang digunakan untuk meredakan pilek adalah aspirin, parasetamol, ibuprofen, dan dekongestan.

2. Berisitirahat yang cukup
Setelah mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya berisitirahat. Pada obat yang kita konsumsi biasanya dapat menyebabkan kantuk. Tujuannya agar kita bisa beristirahat.
3. Konsumsi buah yang cukup
Salah satu upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah mengkonsumsi buah yang cukup. Terutama adalah buah yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
4. Cukup mengkonsumsi air putih
Agar pilek cepat sembuh kita bisa mengkonsumsi air putih yang cukup.
Jika penyakit pilek tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera menemui dokter. Contoh gejala pilek yang tidak bisa dan harus dikonsultasikan ke dokter jika saat pilek terasa sakit pada dada, sulit bernapas dan terjadi pembengkakan pada ketiak ataupun di leher.
Pencegahan pilek
Setelah kita sembuh dari pilek, kita harus menjaga tubuh kita agar pilek tidak datang lagi. Berikut contoh pencegahan pilek :
1. menjaga jarak dengan penderita pilek
2. rajin memcuci tangan setelah bepergian
3. rajin berolahraga
4. cukup mengkonsumsi air putih
5. cukup mengkonsumsi buah dan sayuran.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar