Mendidik dengan Hati

Masakan Ala Jepang dengan Rasa Umami

Saat ini, orang Indonesia banyak yang menyukai kuliner khas negara asing seperti salah satunya adalah kuliner Jepang. Kini pun bisa kita temui banyak kedai Jepang yang menyuguhkan berbagai hidangan masakan Jepang yang paling khas. Salah satu makanan khas Jepang yang merupakan cemilan paling populer di Jepang adalah takoyaki. Maka, dibawah ini akan diulas resep takoyaki asli jepang yang paling asli sehingga anda bisa menikmati sendiri masakan khas Jepang ini tanpa harus mengunjunginya ke Jepang.
Takoyaki merupakan jajanan di pinggir jalan yang banyak disukai orang. Takoyaki memiliki bentuk seperti bakso atau bola-bola kecil dengan ukuran diameter 3,5 atau 4 cm. Yang unik dari takoyaki adalah isian takoyaki yakni bayi gurita yang dipotong kecil. Anda bisa mendapatkan bayi gurita ini secara online atau di supermarket terdekat.
Kekhasan lainnya dari takoyaki adalah topping tambahannya yaitu katsuobushi dan aonori yang khas. Katsuobushi merupakan serutan ikan cakalang dan aonori merupakan bubuk rumput laut. Takoyaki juga disirami dengan saus takoyaki dan saus mayonaise yang nikmat.
Untuk resep takoyaki ala jepang maka siapkan bahan-bahan:
- 200 gr tepung terigu berprotein
- Kuning telur dari 2 butir telur ayam
- 1 butir telur ayam utuh
- 400 ml kaldu cair rasa ayam
- 150 gr gurita direbus dan dipotong kecil-kecil
- 1 buah daun bawang diiris halus atau dicincang
- ½ sdm baking powder
- 75 ml saus mayonaise
- ¾ sdt garam
- Katsuobushi dan aonori
- Saus bulldog
-Minyak goreng secukupnya
Adapun untuk membuatnya adalah dengan cara yang lebih mudah. Yang terpenting dari resep takoyaki adalah bahan isian dan topping sebagai rasa utama. Anda juga perlu menyiapkan loyang takoyaki dengan beberapa lubang.
Cara membuat takoyaki menurut reseptakoyaki.com adalah:
a. Ambil telur dan kuning telur kedalam baskom lalu kocok keduanya hingga mengembang dan merata.
b. Tuangkan kaldu cair kedalamnya dan aduk hingga merata. Lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk agar sempurna menyatu dan tidak ada gumpalan dari tepung terigu tersebut.
c. Masukkan garam dan juga baking powder kedalamnya dan aduk hingga merata seutuhnya.
d. Panaskan loyang dan beri minyak hingga 1/3 loyang. Jangan lupa untuk menyalakan api kecil agar takoyaki matang sempurna dan tidak berbau gosong.
e. Lalu tuangkan adonan takoyaki hingga ½ bagian cetakan dan ratakan.
f. Masukkan potongan gurita kedalamnya sebanyak sesuai selera anda. Tambahkan pula ke dalamnya irisan daun bawang, lalu masukkan kembali adonan hingga menutupi isian dan masak hingga matang berwarna coklat keemasan dan mengembang.
g. Anda perlu menutupnya dan kemudian balik setelah matang dan juga balik-balik untuk mencapai kematangan yang sempurna. Setelahnya angkat dan tiriskan.
h. Sajikan takoyaki dengan siraman saus bulldog dan mayonaise. Lalu taburkan diatasnya katsuobushi dan aonori.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar