Mendidik dengan Hati

Bentuk Paruh dan Bentuk Kaki Burung atau Unggas Beserta Fungsinya

Bentuk paruh dan bentuk kaki pada burung menyesuaikan makanan dan tempat hidupnya. Pada masing-masing burung memiliki kaki dan paruh yang berbeda sebagai bentuk dari adaptasi morfologi. Adaptasi morfologi hewan adalah adaptasi dari bentuk fisik seperti kaki atau paruh pada hewan tersebut agar bisa beradaptasi pada tempat hidupnya. Misalnya bebek atau itik yang hidupnya sering di air pada kakinya memiliki selaput untuk berenang. Kemudian pada kaki burung kutilang tidak memiliki selaput karena. Burung kutilang menggunakan kakinya untuk bertengger di pepohonan atau pada ranting yang kecil.
Bentuk Paruh dan Bentuk Kaki Burung atau Unggas Beserta Fungsinya
Bentuk paruh burung beserta fungsinya :
a. bentuk paru elang
Tipe peruh elang kuat dan tajam. Fungsi paruh elang adalah untuk mencabik-cabik daging mangsanya.
b. bentuk paruh burung pipit
tipe paruh burung pipit memiliki bentuk yang pendek dan kuat. Fungsinya adalah untuk memecah biji-bijian seperti biji padi.
c. bentuk paruh bangau
tipe paruh bangau adalah panjang dan lebar. Fungsi paruh bangau adalah untuk mencari ikan di perairan dan berlumpur.
d. bentuk paruh bebek
tipe paruh bebek adalah pendek dan lebar yang fungsinya untuk mencari makanan seperti cacing atau ikan di daerah berlumpur.
Berikut ini bentuk kaki pada burung beserta fungsinya :
bentuk kaki elang
kaki elang
1. Kaki elang
Bentuk kaki elang terlihat kuat dan kokoh. Pada jari-jarinya terdapat kuku yang tajam. Kaki elang digunakan elang untuk mencengkram atau menangkap mangsanya. Mangsanya seperti ular atau kelinci tidak dapat lepas dari cengkramannya.
bentuk kaki burung pipit
kaki burung pipit
2. Kaki burung Pipit
Tipe kaki burung pipit terlihat kecil dan lincah. Burung ini memang seperti pemanjat. Kaki burung pipit digunakan untuk bertengger di ranting yang kecil atau pada pepohonan.
bentuk kaki bebek
kaki bebek
3. Kaki bebek
Bentuk kaki bebek memiliki selaput. Fungsi selaput pada kaki bebek untuk berenang di air dan memudahkan bebek atau itik berjalan di tanah yang berlumpur agar tidak tenggelam.
bentuk kaki ayam
kaki ayam
4. Kaki ayam
Kaki ayam terlihat tiga jaru menghadap ke depan dan satu ke belakang. Fungsinya kaki ayam adalah untuk mencari makanan atau untuk menceker tanah ketika mencari makan. Pada ayam jantan pada kakinya tumbuh taji yang berfungsi untuk melindungi diri dari lawan atau musuhnya.
bentuk kaki kolibri
kaki kolibri
5. Kaki burung kolibri
Bentuk kaki burung kolibri sama dengan kaki burung pipit. Fungsinya sama untuk bertengger di ranting yang kecil atau pepohonan.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar