Mendidik dengan Hati

Jenis-Jenis Akar dan Fungsinya Bagi Tumbuhan

Pada umumnya, fungsi akar adalah menguatkan berdirinya batang dan untuk menyerap air dan garam mineral di tanah. Semua tumbuhan memiliki akar dan selalu tumbuh ke bawah karena ada gaya tarik bumi (gravitasi bumi). Sistem perakaran dibagi menjadi dua jenis, yaitu sistem akar tunggang dan sistem akar serabut.
a) akar serabut b) akar tunggang
1. Akar Serabut
Ciri-ciri akar serabut adalah ukurannya kecil dan tumbuh di bagian pangkal batang. Akar serabut banyak dimiliki oleh tumbuhan monokotil atau berkeping satu. Contoh tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah kelapa, pohon pisang, dan padi.
2. Akar Tunggang
Ciri akar tunggang adalah terdapat akar yang ukurannya besar kemudian bercabang-cabang. Cabang akar tersebut keluar dari cabang akar yang besar. Akar tunggang banyak dimiliki oleh tumbuhan dikotil atau berkeping dua. Contoh tumbuhan berakar tunggang adalah rambutan, akasia, mahoni, mangga, jeruk, apel, dan pete.
Fungsi akar pada tumbuhan
a. Sebagai alat untuk menyerap air dan garam mineral di tanah
b. Untuk menegakkan berdirinya tumbuhan
c. Untuk menyimpan cadangan makanan
Jenis-jenis akar pada tumbuhan
1. Akar gantung
Akar gantung terlihat seperti akar yang menggantung pada tumbuhan. Akar ini tumbuh pada bagian batang atau cabang tumbuhan. Contoh akar gantung dimiliki oleh pohon beringin. Fungsi akar gantung adalah sebagia pengisap udara untuk bernapas tumbuhan. Akar gantung juga berfungsi sebagai penyerap air dan mineral dari tanah jika akar gantung sudah tumbuh mencapai tanah.
2. Akar isap
Akar isap ini terdapat pada tumbuhan yang melekat pada tumbuhan lain. Misalnya tanaman benalu melekat pada tanaman lain. Fungsi akar isap adalah menyerap sari makanan dari tumbuhan lain yang sebagai inangnya. Biasanya di pohon mangga terdapat tanaman benalu yang melekat pada cabang pohon mangga. Tanaman benalu tersebut menyerap sari makanan dari pohon mangga.
3. Akar tunjang
Akar tunjang adalah akar yang menyangga batang agar tanaman tidak roboh dan tetap kokoh. Akar tunjang banyak dimiliki oleh tumbuhan yang hidup di daerah berair seperti di rawa dan pantai. Selain sebagai penyangga tumbuhan, akar tunjang berfungsi sebagai penguat dari hempasan air atau gelombang. Contoh tumbuhan yang memiliki akar tunjang adalah tumbuhan bakau dan pandan duri.
Baca juga Bagian-Bagian Akar dan Fungsinya
Demikinanlah penjelasan pak Mono tentang jenis-jenis akar dan fungsinya bagi tumbuhan. Semoga bermanfaat dan semangat belajar!
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar