Mendidik dengan Hati

Cara mengatasi motor mogok akibat kehujanan

Kejadian motor susah hidup setelah hujan ini terjadi pada hari Jumat. Ketika mau pulang dari Kantor Neutron Yogyakarta Cabang Tegal tiba-tiba waktu mau menyalakan motor ternyata motor susah hidup. Saya coba menghidupkan motor pakai engkel juga tidak bisa. Akhirnya saya teringat setahun yang lalu saya mengalami hal yang demikian.
Cara mengatasi motor mogok akibat kehujanan
Motor Revo tahun 2008 saya pernah tidak bisa di starter ataupun di engkel karena motor kena hujan semalaman. Waktu itu motor di parkir di depan asrama mahasiswa Univesitas Negeri Semarang. Untuk pergi kuliah, saya pun mendorong motor. Karena berangkatnya siang, saya membawa motor saya ke bengkel AHAS samping kampus. Di bengkel ditanyain sama montirnya, “kemarin mogoknya kenapa mas? Saya jawab mungkin karena kehujanan selama semalam mas”. “Oh gitu” kata montirnya.
Kata montirnya lagi memang biasa kalau motor berkarburator kalau kehujanan bagian karburatornya bisa kemasukan air hujan. Untuk itu keran bensi yang ada di bagian bawah karburator harus di buka agar campuran bensin dengan air hujan bisa keluar. Setelah itu, motor saya pun langsung ditangani. Montirnya hanya membuka saluran keran pada bagian karburator. Saya sendiri melihat ternyata cukup banyak air yang masuk ke dalam karburator yang bercampur dengan bensin. Setelah air sudah keluar semua karena keran karburator ditutup kembali.
Akhirnya motor saya bisa distarter lagi dan dicoba pakai engkel juga bisa. Alhamdulillah. Berawal dari kejadian tersebut, kemarin saya menerapkan hal demikian. Alhamdulillah di bawah jok terdapa obeng yang pas untuk membuka selang keran bensi karburator. Saya kemarin pakai obeng kembang. Pakai obeng minus pun juga bisa.
Jadi Anda tidak perlu khawatir kalau motornya mogok setelah terkena hujan. Barangkali air hujannya masuk ke dalam karburator seperti yang telah saya alami. Jangan lupa juga di bawah jok selain ada mantel hujan sediakan juga obeng yang sekiranya bisa membuka keran bensin sehingga campuran air dan bensin bisa keluar. Semoga informasi ini bermanfaat :)
Rating: 4.5

0 comments:

Posting Komentar