Mendidik dengan Hati

Contoh pemanis buatan

Pengertian pemanis buatan adalah suatu zat yang digunakan untuk menambah rasa manis agar lebih kuat pada makanan. contoh pemanis buatan yang ada dipasaran diantaranya adalah aspartam, sakarin, siklamat, dan.  kalium asesulfam. Sedangkan contoh pemanis alami adalah gula kepala, gula pasir, gula aren, bit, dan gula lontar.
Senyawa yang dapat membuat rasa manis pada gula adalah sukrosa. Contoh makanan yang banyak mengandung pemanis buatan adalah minuman sirup, roti dan kue, sereal, minuman berkarbonasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika tubuh sering kemasukan pemanis buatan, efeknya tidak bagus bagi kesehatan. Artinya kadar gula dalam darah akan meningkat dan beresiko diabetes.
Contoh pemanis buatan
  • Aspartam
Aspartam ini berasal dari gula jagung. Aspartam termasuk ke dalam pemanis buatan rendah kalori yang kandungan kalori per gram nya sekitar 4 kilo kalori yang setara dengan 17 kilo joule per gram. Walaupun sedikit saja, rasa aspartam sangat manis. Aspartam memiliki tingkat kemanisan 160 – 200 kali dari gula pasir biasa. Woow sangat manis sekali bukan? Penggunaan Aspartam ini oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia masih diperbolehkan namun dalam takaran yang sewajarnya. Keunggulan aspartam adalah rasa manisnya seperti rasa gula dan tidak ada rasa pahitnya. Selain itu aspartam tidak merusak gigi.
  • Sakarin
Sakarin merupakan jenis pemanis buatan yang tidak mengandung kalori. Sakarin dibuat dari garam natrium. Bentuk sakarin berwarna putih dan mengkristal serta tidak berbau. Sakarin memiliki tingkat kemanisan 200 – 500 kali dari rasa manis gula pasir.
Sakarin sering dijadikan sebagai bahan pemanis buatan pada industri makanan dan minuman. Keuntungan dari sakarin adalah tidak merusak bahan makanan atau makanan yang sudah dibuat. Kelemahan sakarin adalah tidak tahan panas. Jika terkena panas maka tingkat kemanisannya akan menurun sehingga rasa manis berkurang.
Pemerintah telah menetapkan penggunaan sakarin yang standar yang telah diaru dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No 722/Menkes/Per/1X/88 . Jika suatu makanan atau minuman banyak mengandung sakarin dapat menyebabkan kanker. Sakarin juga menimbulkan rasa pahit.
  • Siklamat
Siklamat adalah garam natrium yang berasal dari asam siklamat. Siklamat memiliki tingkat kemanisan sebesar 30 kali rasa gula pasir. Penggunaan siklamat telah diatur oleh BPOM. Jika kandungan siklamat yang berlebih pada makanan dapat menyebabkan kanker kemih, cacat lahir, dan mutasi. Pemanis buatan siklamat ini tidak menimbulkan rasa pahit.
  • Kalium Asesulfam
Tingkat kemanisan kalium asesulfam sebesar 200 kali dari gula pasir. Keuntungan dari kalium asesulfam ini tidak mengalami perubahan ketika dipanaskan dan juga tidak mengandung kalori sehingga tidak memberikan energi pada tubuh.
Demikianlah ada 4 contoh pemanis buatan yang sering digunakan pada produk makanan. sebenarnya pemanis buatan ini tidak sehat bagi tubuh. Oleh karena itu sebaiknya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan. Kalau kita lihat pada komposisi minuman sirup atau minuman serbuk pasti mengandung pemanis buatan.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar