Mendidik dengan Hati

Contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme

Kesempatan kali ini pak Mono akan menjelaskan contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Namun sebelumnya kita belajar pengertiannya masing-masing.
Contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme
jenis-jenis simbiosis
1. Simbiosis Mutualisme
Pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan antara sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan (menguntungkan satu sama lain).
Contoh simbiosis mutualisme adalah sebagai berikut :
a. Burung jalak dan kerbau.
Burung jalak akan hinggap di atas punggung kerbau untuk mencari kutu. Kutu tersebut dimakan oleh burung jalak sehingga merasa kenyang. Keuntungan bagi kerbau adalah tidak merasa gatal karena kutunya dimakan oleh burung jalak.
b. Lebah dan bunga sepatu
Sang lebah akan menghisap madu atau nektar yang ada di bunga sepatu untuk dimakan. Kemudian bunga sepatu terbantu oleh lebah karena bisa melakukan penyerbukan.
c. anemon laut dangan ikan badut
anemon laut akan memakan sisa-sisa makanan dari ikan badut sedangkan ikan badut merasa terlindungi oleh anemon laut. Dalam hal ini ikan badut sering bersembunyi dibaliknya.
d. Kupu-kupu dengan berbagai bunga.
Kupu-kupu akan menyerap madu atau nektar yang ada di dalam bunga. Bunga akan terbantu oleh kupu-kupu sehingga bisa melakukan penyerbukan.
e. Tumbuhan kacang-kacangan dengan bakteri Rhizobium
bakteri Rhizobium ini hidup di dalam akar tanaman kacang. Kemudian tanaman kacang mendapatkan senyawa nitrogen dari bakteri ini karena bakteri Rhizobium dapat mengikat zat nitrogen.
2. Simbiosis Komensalisme
Pengertian simbiosis komensalisme adalah hubungan antara makhluk hidup yang satu untung sedangkan yang satunya tidak dirugikan maupun diuntungkan.
Contoh simbiosis komensalisme adalah sebagai berikut :
a. Ikan hiu dengan ikan remora
ikan remora akan mengikuti ikan hiu yang besar. Ikan remora ini akan memakan sisa-sisa makanan dari ikan hiu sedangkan hiu tidak merasa terganggu olehnya.
b. Tanaman anggrek dengan pohon mangga (tanaman inang)
anggrek akan menempel pada pohon lain atau inangnya kemudian inangnya tidak merasa terganggu karena anggrek tidak menyerap makanan dari tumbuhan inangnya tersebut.
c. Tanaman sirih yang merambat pada inangnya.
Saya perna memiliki tanaman sirih merambat pada tanaman akasia. Jadi tanaman sirih tersebut hanya menempel untuk tumbuh dan tidak mengganggu tanaman yang ditumpanginya karena tidak menyerap sari makanannya.
3. Simbiosis Parasitisme
Pengertian simbiosis parasitisme adalah hubungan antara kedua makhluk hidup yang satu untuk yang satu dirugikan.
Contoh simbiosis parasitisme adalah sebagai berikut :
a. Cacing pada perut manusia
Manusia yang cacingan akan bertubuh kurus dan lesu. Cacing tersebut akan menyerap sari-sari makanan yang ada di dalam usus.
b. Tanaman benalu dengan tanaman inangnya.
Tanaman benalu ini biasanya merambat atau menempel pada pohon seperti pohon mangga, jambu, dan lainnya. Benalu ini selain menempel pada tumbuhan inangnya kemudian menyerap sari-sari makanannya.
c. Tali putri dengan tanaman inangnya
sama halnya dengan benalu, tali putri juga mengambil sari-sari makanan dari tanaman yang ditumpanginya.
Rating: 4.5

0 comments:

Posting Komentar