Mendidik dengan Hati

Sejarah singkat terbentuknya Muhammadiyah tahun 1912

Pada tanggah 18 November 1912 Muhammadiyah berdiri di Yogyakarta. Pendirinya adalah Kyai Hadi Ahmad Dahlan. Muhammadiyah adalah sebuah organisasi yang berasaskan islam dan haluannya non politik. Selain bidang ilmu agama, Muhammadiyah juga bergerak dalam bidang pendidikan, budaya, dan sosial.
Sejarah singkat terbentuknya Muhammadiyahtahun 1912
Tujuan organisasi Muhammadiyah adalah untuk mewujudkan umat islam yang cerdas dan berwawasan kebangsaan.
Muhammadiyah juga mendirikan Aisyiah pada tahun 1918. Tujuan berdirinya Aisyiah adalah untuk meningkatkan peran Muhammadiyah dalam tujuan organisasi Muhammadiyah pada umumnya. Kegiatan Aisyiah ini juga hampir sama dengan tujuan Muhammadiyah yaitu bergerak dalam bidang sosial, budaya, dan pendidikan.
Muhammadiyah juga mendirikan lembaga pendidikan, sosial, masjid, dan penerbitan buku. Kemudian Muhammadiyah juga mengadakan berbagai pertemuan untuk membahas masalah-masalah islam yang sedang dihadapi di masyarakat.
Muhammadiyah memiliki banyak cabang di seluruh nusantara. Saat ini Muhammadiyah memiliki lembaga pendidikan dan kesehatan terbesar di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah.

Demikianlah penjelasan mengenai seputar sejarah singkat Muhammadiyah yang saya ambil dari buku BSE IPS kelas 8 karya Sri Sudarmi.
Rating: 4.5

0 comments:

Posting Komentar