Mendidik dengan Hati

Jenis-jenis bunyi dan sifat-sifat bunyi

Pengertian bunyi adalah suatu getaran yang merambat dalam bentu gelombang. Karenanya bunyi disebut sebagai gelombang bunyi. Bunyi merambat melalui perantara. Dalam ruang hampa bunyi tidak dapat merambat karena dalam ruang hampa tidak terdapat medium atau perantara berupa udara. Jadi bunyi merambat melalui tiga perantara atau medium yaitu medium zat padat, medium zat cair, dan medium zat gas atau udara.
jenis-jenis bunyi berdasarkan frekuensinya
Dari ketiga medium tersebut, bunyi merambat paling cepat pada benda padat. Kalau yang paling lemah, bunyi merambat memalui medium udara. Kalau kalian mendengar suara orang lain yang terdengar pada telinga kita karena bunyi merambat melalui udara sehingga ditangkap oleh telinga kita. Bayangkan kalau tidak ada udara maka orang yang mengatakan sesuatu tidak akan pernah terdengar oleh kita.
Jenis-jenis bunyi
Bunyi yang didengar oleh manusia dan hewan pada dasarnya memiliki frekuensi yang berbeda. Misalnya pada malam hari terkadang terdengar suara anjing yang menggonggong tidak jelas. Katanya anjing tersebut mendengar suara yang aneh dari biasanya. Demikian juga seekor kelelawar mencari makan dengan bantuan suaranya. Kemudian ikan paus dan ikan lumba-lumba dapat memanggil temannya yang jauhnya lebih dari 10 km padahala tidak menggunakan suatu alat apapun. Wahh hebat sekali yah. Jadi frekuensi yang dihasilkan oleh hewan lumba-lumba dan kelelawar berbeda-beda.
Berdasarkan frekuensinya bunyi dibagi menjadi tiga macam yaitu :
a. Bunyi infrasonik
bunyi infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz. Jadi bunyi infrasonik ini sangat lemah dan kita sebagai manusia tidak bisa mendengar bunyi ini. Contoh hewan yang dapat mendengar suara bunyi infrasonik adalah ayam, jangkrik, anjing, kuda, angsa, dan kucing.
b. Bunyi audiosonik
bunyi audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 Hz sampai dengan 20.000 Hz. Bunyi ini yang dapat didengar oleh manusia.
c. Bunyi ultrasonik
bunyi ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz. Contoh hewan yang dapat mendengar bunyi ultrasonik adalah ikan paus, ikan lumba-lumba, dan kelelawar.

Sifat-sifat bunyi
Ada tiga macam sifat bunyi yaitu :
1. Bunyi termasuk dalam gelombang longitudinal. Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya.
2. Gelombang bunyi dapat dipantulkan.
3. Bunyi merambat melalui medium atau perantara. Medium yang dapat dilewati ada tiga macam yaitu pada zat padat, zat cair, dan zat gas. Bunyi merambat paling capat pada benda padat dan merambat paling lemah pada benda gas atau udara.
Rating: 4.5

0 comments:

Posting Komentar