Mendidik dengan Hati

Daur hidup makhluk hidup : Metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna

Setiap hewan pastinya mengalami daur hidup. Pengertian daur hidup adalah proses tahapan perkembangan makhluk hidup semasa hidupnya. Setiap induvidu dan kelompok hewan memiliki tahapan daur hidup yang berbeda-beda.
Daur hidup ini berkaitan erat dengan METAMORFOSIS.

Pengertian METAMORFOSIS adalah proses pertumbuhan yang dialami oleh hewan yang berpengaruh terhadap bentuk tubuhnya. Pada proses metamorfosis itu sendiri terjadi perubahan fisik seperti pergantian kulit yang dialami oleh hewan jenis serangga. Secara umum daur hidup dapat dibagi menjadi dua macam yaitu :
a. Daur hidup tanpa metamorfosis adalah proses tahapan pada makhluk hidup tanpa perubahan fisik sampai dewasa. Contohnya adalah kambing, sapi, ayam, burung, dan ikan.
b. Daur hidup dengan metamorfosis adalah proses tahapan pada hewan yang terjadi perubahan fisik dari kecil sampai dewasa. Contohnya pada katak, jangkrik, capung, kupu-kupu, dan lainnya. Metamorfosis ada dua macam yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis Sempurna
Pengertian metamorfosis sempurna adalah proses tahapan pada hewan yang mengalami perubahan fisik dari kecil sampai dewasa. Pada metamorfosis sempurna mengamali empat fase yakni : telur, larva, kepompong (pupa), dan imago. Contoh binatang yang mengalami metamorfosis sempurna adalah lalat, lebah, katak, nyamuk, kupu-kupu.

Metamorfosis tidak sempurna
Pengertian metamorfosis tidak sempurna adalah proses tahapan pada hewan yang pada saat kecil (baru lahir) sampai dewasa tidak terjadi perubahan pada bentuk fisiknya. Ada tiga tahapan pada fase metamorfosis tidak sempurna yakni: telur, nimfa, dan hewan dewasa. Contohnya adalah belalang, capung, kangkrik, dan kecoa.
METAMORFOSIS SEMPURNA
1. Metamorfosis sempurna pada nyamuk
metamorfosis sempurna pada nyamuk
Metamorfosis sempurna pada nyamuk diawali dengan telur. Nyamuk akan bertelur pada genangan air atau air yang tenang. Kemudian telur tersebut akan menetas menjadi larva. Larva nyamuk disebut dengan jentik-jentik nyamuk. Jentik-jentik nyamuk ini akan berkembang menjadi pupa atau kempompong dan selanjutnya akan berubah menjadi nyamuk dewasa. Nyamuk yang setelah keluar dari kepompongnya akan bisa langsung terbang untuk mencari makan. Nyamuk bisa menggigit manusia atau hewan bahkan bisa menyerap sari makanan pada tumbuhan kalau di hutan.
Urutan metamorfosis pada nyamuk adalah telur >>> jentik-jentik >>> pupa >>> nyamuk dewasa.

2. Metamorfosis sempurna pada kupu-kupu
Metamorfosis sempurna pada kupu-kupu
Proses metamorfosis kupu-kupu diawali denga telur. Kupu-kupu dewasa akan bertelur pada dedaunan kemudian menetas menjadi ulat. Pada saat menjadi ulat ini banyak merugikan para petani karena ulatnya akan memakan daun-daunan. Mungkin kalian juga akan merasa geli atau takut ketika melihat ulat. Pak Mono sendiri juga takut kalau melihat ulat hehe. Setelah menjadi ulat akan menjadi kepompong. Ulat ini membentuk kepompong dari air liurnya kemudian akan mengeras menjadi kepompong. Dalam waktu kurang lebih dua minggu dari kepompong akan keluar menjadi kupu-kupu. Nah pada saat menjadi kupu-kupu inilah akan terlihat indah dipandang.
Secara ringkas urutan metamorfosis sempurna pada kupu-kupu adalah :
Telur >>> ulat >>> kepompong >>> kupu-kupu.

3. Metamorfosis sempurna pada lalat
Metamorfosis sempurna pada lalat
Apa yang kami pikirkan ketika mendengar kata lalat? Pasti identik dengan kotoran. Ya memang lalat suka pada tempat-tempat yang kotor. Jika menghinggapi makanan kita biasanya lalat akan menempelkan telurnya bersama dengan bakteri ataupun telur cacing yang menempel pada kakinya. Kemudian telur lalat atau cacing akan masuk ke dalam tubuh kita dan kita pun akan cacingan. Daur hidup lalat diawali dengan telur kemudian telur akan menetas menjadi belatung yang biasanya terdapat pada bangkai ikan atau daging. Belatung tersebut akan menjadi kepompong dalam waktu beberapa hari saja. Setelah itu kepompong akan menjadi lalat dewasa.
Secara sederhana urutan metamorfosis katak adalah
telur >>> larva >>> pupa / kepompong >>> lalat

4. Metamorfosis sempurna pada katak
Metamorfosis sempurna pada katak
Katak tetap termasuk dalam contoh metamorfosis sempurna walaupun dalam daur hidup katak tidak ada fase pupa atau kepompong. Namun pada fase katak dari telur kemudian menjadi berudu selanjutnya menjadi katak muda berekor dan katak dewasa. Melihat daur hidup katak memang terlihat unik sekali. Setelah menjadi telur menetas akan menjadi berudu atau kecebong. Bentuknya kepalanya besar dan berekor. Pada fase ini berudu bernafas dengan insang. Selanjutnya berudu akan memiliki dua kaki. Proses bernafasnya masih memakai insang. Selanjutnya akan tumbuh kaki lagi menjadi empat kaki. Berudu empat kaki akan tumbuh menjadi kata muda tetapi masih berekor. Proses pernafasannya sudah mulai tumbuh paru-paru. Selanjutnya akan menjadi katak dewasa yang nantinya bernafas dengan paru-paru.

Metamorfosis tidak sempurna
1. Kecoa
Urutan metamorfosis tidak sempurna pada kecoa
Urutan metamorfosis tidak sempurna pada kecoa adalah telur >>> nimfa >>> kecoa dewasa.
Pada fase nimfa nama lainnya adalah kecoa muda. Pada saat masih menjadi nimfa, kecoa muda belum memiliki sayap. Nantinya kalau nimfa sudah besar barulah akan keluar sayap dengan mengganti seluruh kulitnya.
2. Jangkrik
urutan metamorfosis tidak sempurna pada jangkrik
Sama halnya seperti kecoa, urutan metamorfosis tidak sempurna pada jangkrik adalah telur >>> nimfa >>> jangkrik dewasa.
Setelah jangkrik menetas maka akan menjadi nimfa (jangkrik kecil) yang makanannya adalah tumbuhan. Jangkrik kecil ini sudah mencari makanannya sendiri karena memang begitu menetas jangkrik akan kekuar dari sarangnya dan mencari makanannya sendiri. Nimfa jangkrik akan tumbuh sampai besar dan pada saatnya yang tepat jangkrik akan ganti kulit dengan terdapat sayapnya dan sudah menjadi jangkrik dewasa. Selain sebagai makanan burung, jangkrik dibudidayan untuk menghasilkan suara yang bagus. Anaka-anak kecil biasanya bermain jangkrik untuk di adu.
3. Belalang
Urutan metamorfosis tidak sempurna pada belalang
Binatang yang satu ini kalau populasinya meledak akan meresahkan petani. Biasanya belalang sangat mudah kita jumpai di sawah. Memang belalang sering menjadi hama bagi tanaman padi.
Urutan metamorfosis tidak sempurna pada belalang adalah telur >>> nimfa >>> belalang dewasa.

Pada fase nimfa yang baru menetas belalang tidak memiliki sayap. Setelah satu dua minggu akan tumbuh sayap dan sampai tumbuh sempurna sayapnya. Barulah belalang tersebut disebut sebagai belalang dewasa. 
Rating: 4.5

0 comments:

Posting Komentar