Ciri khusus anggrek, kantong semar, eceng gondok, mawar, dan lidah buaya

Berikut ini pak Mono akan menjelaskan ciri kusus tumbuhan anggrek, kantong semar, eceng gondok, mawar, dan lidah buaya. Pada soal-soal IPA untuk anak SD dan SMP biasanya sering keluar dalam mata pelajaran bahkan soal Ujian Nasional.
Ciri khusus anggrek, kantong semar, eceng gondok, mawar, dan lidah buaya
Ciri khusus anggrek
a. tanaman anggrek memiliki bunga yang sangat indah sehingga menarik perhatian serangga seperti lebah, kukup-kupu dan lainnya untuk hinggap sehinga bisa membantu proses penyerbukan.
b. akarnya dapat menempek pada tumbuhan lain karena hidupnya memang menempel pada tanaman inangnya.
c. akarnya memiliki rongga sehingga akan mudah untuk menyerap air hujan atau air yang terdapat pada kulit tumbuhan yang ditumpanginya. Tapi dalam hal ini bukan parasit lho.
Ciri khusus kantong semar
a. tumbuhan kantong semar bisa memakan serangga (insektivor)
b. daun kantong semar seperti kantong yang didalamnya terdapat cairan yang licin apabila terdapat serangga yang masuk ke dalamnya maka tidak bisa keluar lagi dan akan mati selanjutnya protein dalam serangga tersebut akan diambil nitrogennya oleh tanaman kantong semar. Daun tersebut juga akan menutup apabila ada serangga yang telah masuk.
Ciri khusus eceng gondok
a. daunnya lebar sehingga mudah untuk mengapung
b. batang tangkainya juga berongga sehinga tanamannya mengapung
c. memiliki stomata atau mulut daun di atas permukaan daunnya sehingga mudah untuk melakukan penguapan karena kadar air yang banyak pada tanaman eceng gondok ini.
Ciri khusus bunga mawar
a. pada tanaman mawar tangkainya berduri karena berfungsi untuk melindungi dirinya dari gangguan lain. Memang rasanya sedikit sakit kalau terkena tangkai mawar yang berduri.
b. memiliki warna bunga yang sangat indah atau menarik sehingga ada serangga atau kupu-kupu yang hinggap dan bisa membantu proses penyerbukan.
Ciri khusus lidah buaya
a. pada tepi daun tanaman lidah buaya sedikit memiliki duri yang berfungsi untuk melindungi diri diri tumbuhan terseput.
b. tanaman lidah buaya banyak mengandung air yang banyak yang tersimpan pada daunnya yang tebal. Hal ini bisa digunakan oleh lidah buaya ketika terjadi musim kemarau.
Demikianlah penjelasan pak Mono tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan-tumbuhan tertentu. Masih banyak lagi tumbuhan yang belum disebutkan ciri khususnya.  Kalau di desa Pak Mono ada tanaman kentut-kentutan. Sesuai dengan namanya tanaman tersebut biasanya mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti kentut manusia hehehe. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri khusus anggrek, kantong semar, eceng gondok, mawar, dan lidah buaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel