Penyebab sakit paha setelah berolahraga lari dan bersepeda


Apakah Anda pernah mengalami sakit nyeri pada paha atau pada bagian lain setelah berolahraga? Saya sendiri sudah dua hari merasakan nyeri pada area paha setelah memulai berolahraga baru yaitu bersepeda. Sebagai pemula yang mau menekuni hobi bersepeda pada hari minggu pagi bersepedaan selama 1,5 jam. Pada sore harinya paha terasa nyeri dan pegal-pegal. Nyeri pada paha ini bisa terjadi pada olahraga lari-lari atau jogging, bermain sepak bola, futsal, dan lainnya. Rasa nyeri ini bisa datang setelah beberapa jam atau bisa juga keeseokan harinya.
Penyebab sakit paha setelah berolahraga lari dan bersepeda
Misalnya seperti saya bulan lalu jarang sekali berolahraga lari. Kemudian pada hari minggu saya olahraga lari-lari beberapa putaran keliling kompleks perumahan. Pada hari senin pagi setelah bangun tidur badan, kaki, dan paha terasa pegal-pegal.
Mengapa hal ini bisa terjadi?
Jawabannya adalah nyeri pada paha ini terjadi akibat tubuh kita jarang berolahraga kemudian tubuh terasa kaget sehingga otot-otot kita mengalami trauma dan kalau berlebihan bisa mengalami cidera. Otot akan mengalami kelelahan dan kekakuan karena merasa kaget dengan aktivitas yang tidak biasa kita lakukan. Hal ini disebut dengan DOMS (delayed onset muscle soarness). Jika otot sudah seperti ini otot akan terasa nyeri dan hal ini adalah normal. Keadaan ini bisa terjadi pada atlit yang sudah profesional.
Otot yang nyeri ini karena beradaptasi dengan aktivitas yang baru kita lakukan. Bisa dibilang nyeri ini otot kita mengalami kerusakan dan wajar. Otot yang mengalami kerusakan ini akan memperbaiki dengan sendirinya sehingga otot menjadi lebih kuat dan besar dari bentuk otot sebelumnya. Nah ketika kita berolahraga seperti semula atau seperti joging lagi maka otot kita sudah kuat dan terbiasa dengan aktivitas tersebut. Jadi rasa nyeri atau sakit pada paha tidak akan muncul lagi atau berkurang dari rasa nyeri sebelumnya. Kalau olahraga tersebut dirutinkan maka otot sudah terbiasa dan tidak terasa nyeri sama sekali dan badan terasa lebih enteng.
Memang akan sangat mengganggu aktivitas kita disaat bekerja. Nah agar tidak terjadi hal seperti itu lagi, kita harus rutin berolah raga dengan membuat jadwal. Jika sudah terasa nyeri seperti itu bisa kita lakukan beberapa hal agar nyerinya bisa hilang dalam waktu yang cepat seperti 
  1. Mengistirahatkan otot dengan tidak banyak melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi.  Jadi pada intinya kita istirahat dulu dan relaks di rumah.
  2. Mengkompres dengan air hangat pada bagian tubuh yang terasa nyeri
  3. Melakukan pemijatan pada otot yang nyeri. Kita bisa datang ke tukang pijat supaya badan lebih enak. Kalau saya biasanya dipijat oleh istri dengan Hot and Cream besoknya bisa sembuh.

oke.. demikianla pembahasan mengenai penyebab sakit nyeri pada paha atau bagian tubuh lain akibat berolah raga yang jarang kita lakukan. Pada intinya otot kita melakukan penyesuaian dengan aktivitas yang kita lakukan sehingga membentuk jaringan-jaringan yang baru sehingga terasa nyeri pada otot. Nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya jika otot sudah menyesuaikan diri dengan memperbaiki jaringa-jaringannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab sakit paha setelah berolahraga lari dan bersepeda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel