Akhirnya upgrade Fork sepeda Polygon Monarch 5, jadi lebih empuk!

Karena sering gowes bareng komunitas sepeda ke medan off road mau tidak mau saya harus ganti Fork Polygon Monarch 5 saya. Kondisi medan off road yang terjal, naik dan turun gunung harus menggunakan fork (shock/ suspensi) yang suspensinya empuk. Fork juga harus bisa diatur sesuai dengan kondisi jalan. Kalau di jalan raya fork bisa di “lock”, di jalan terjal bisa di buka lagi kuncinya.

Upgrade fork polygon monarch 5
Tampilan monarch 5 dengan fork yang baru

Sebelumnya saya sudah menceritakan kekurangan dan kelebihan Polygon Monarch 5, sudah disinggung sedikit mengenai forknya. Fork bawaan monarch 5 memakai merek SR SUNTOUR SF14. Fork ini masih standar saja artinya belum ada Lock, open, dan preload. Namanya juga sesuai dengan harga. Monarch 5 dengan bandrol 2 jutaan menurut saya sudah dapat bagus, frame nya sudah alloy/ alumunium yang ringan. Jadi fork ini tingkat keempukannya sudah setingan dari sana. Waktu itu saya sendiri belum mencoba utak-atik forknya.

Fork bawaan monarch 5
Fork bawaan monarch 5 yang standar
fork warna biru polygon monarch 5
Kalau ada yang berminat fork bekas ini bisa hubungi saya

Saran dari teman yang sudah lama bermain sepeda sebaiknya ganti saja dengan membeli fork yang baru (upgrade). Saya disarankan membeli fork Suntour XCM milik Polygon cascade dan Xtrada generasi pertama. Adalagi pilihan Suntour XCR yang dipakai di Polygon Xtrada 5. Akhirnya saya memilih beli fork Suntour XCR.

Oya fork suntour XCM itu harganya lebih murah dibandingkan fork suntour XCR. Tipe XCM ukuran 32 hanya Rp650.000

Rincian biaya upgrade Fork Suntour XCR

Suntour XCR ini biasanya dipakai pada sepeda dengan diameter ban 27,5 inch seperti Xtrada 5. Karena diameter ukuran ban Monarch 5 hanya 26 inch maka harus cari yang sesuai dengan ukuran ban. Fork suntour XCR yang cocok untuk ukuran ban 26” adalah suntour XCR 32 atau ukuran 32.

Berikut biaya upgradenya

  1. Harga suntour XCR panjang travel 120 mm Rp850.000
  2. Biaya pasang Rp35.000
  3. Ganti ring stem dan mahkota pada stang Rp65.000

Jadi totalnya adalahhhhhhh Rp950.000

Ganti shock monarch 5
Proses ganti fork di bengkel sepeda

Sebenarnya ada teman yang bilang, “mending sepedanya ditukar tambah saja dengan yang baru”. Memang ada pilihan sepeda merek Thrill Vanquish yang saya lirik juga. Tapi karena kalau ditukar tambah itu nilai Monarch 5 hanya 1 juta saja. Jadi biaya tukar harus tambah 2 jutaan lagi. Hufffttt…

Saya syukuri saja beli Monarch 5 ini. Pelan-pelan di upgrade. Ke depannya saya mau beli pedal yang alumunium. Sekarang model pedalnya bagus-bagus dan tapak kakinya juga lebar.

Polygon monarch 5 tampilan baru
Selamat tinggal fork lama

Rasa bersepeda setelah ganti fork

Setelah ganti fork saya coba ke medan off road rasanya banyak perbedaan. Yang tadinya fork lama itu terasa keras sekarang dengan fork suntour XCR rasanya lebih empuk dan lembut. Bisa dibilang seperti memakai Polygon Xtrada 5. Yakin… enak banget sekarang di pakai di semua medan.

Fork yang XCR yang baru ini kita bisa setting sendiri tingkat kelembutannya. Ada menu “Lock dan Open”. Menu Lock ini bisa diatur seberapa keras fork bekerja. Kalau di lock penuh artinya fork akan tidak bekerja, jadi rasanya keras.

Fork suntour XCR travel 120 mm sangat empuk
Fork suntour XCR travel 120 mm sangat empuk

Pada jalan raya aspal yang halus dan tanjakan, fork sebaiknya di “Lock” supaya tidak banyak energi yang terbuang. Kalau di medan off road kita baru membuka “open” forknya supaya terasa nyaman.

tempat lock/open dan preload fork suntour XCR untuk polygon monarch 5
tempat lock/open dan preload fork suntour XCR ukuran 32 yang cocok untuk polygon monarch 5

Tampilan Fork yang baru

Bisa kita lihat perbedaannya, fork lama warnanya biru langit kalau yang baru warnanya hitam. Terlihat lebih gagah dengan fork yang baru.

tampilan ganti fork polygon monarch 5
Lebih elegan

Fork suntour XCR ini panjang travelnya 120 mm. Untuk bagian kanan dan kiri fork suntour memang sedikit lebih besar. bagus banget kan…..

Tampak samping fork baru monarch 5
Tampak depan samping sudah lebih gagah

Dibawa Fun Bike

Baru beberapa hari ganti fork, saya bawa Monarch 5 ke acara Fun Bike dalam rangka ulang tahun PDAM Tirta Baluran ke-28 Kota Situbondo, Jawa Timur. Bisa dilihat samping kanan dan kiri saya sepedanya keren-keren. Sebelah kanan ada sepeda Thrill “lupa namanya” (pokoknya harga 5-6 jutaan) dan kiri ada Xtrada 5 pokoknya yang harganya 5 juta. Sebelahnya lagi yang paling kiri ada sepeda Polygon Cascade.

Ikut fun bike dengan polygon monarch t
Ikutan fun bike

Acara fun bike tersebut medannya bermacam-macam. Semua meda ada.. pemandangannya juga bagus banget. Melewati kota, desa, pelosokan, dan pantai. Pokoknya seru banget dan bisa menambah teman.

selfie dengan polygon monarch 5
Foto bareng dengan si Monarch

2 Responses for Akhirnya upgrade Fork sepeda Polygon Monarch 5, jadi lebih empuk!

  • Halo gan, salam kenal. Gas Boy!

    Saya pake Monarch 5, saya seringnya pake buat ngeRoad. Apakah Shock bisa di Modif gan? Shock bawaan pabrik, biar lebih Keras supaya tidak Bumpi.

    • Wah gak tau gan… coba di bawa ke bengkel sepeda saja atau dikonsultasikan dengan teman gowes yang sudah berpengalaman.
      Atau ganti fork aja gan…. yang bisa di setel shock nya. Ada banyak pilihan fork seperti zoom, suntour, dan lain2..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *