Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan manusia mulai dari daun, biji, batang, akar, buah, dan bunga

Tumbuhan yang ada di sekitar kita banyak sekali manfaatnya. Contohnya di rumah kalian mulai dari pintu rumah, jendela, meja, dan kursi terbuat dari kayu jati. Tanaman jati bisa dimanfaatkan dari daun, akar, dan batangnya. Daun jati dimanfaatkan sebagai pembungkus nasi atau makanan tradisional. Akar jati bisa digunakan sebagai hiasan ataupun tempat duduk. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai bagian tumbuhan yang dimanfaatkan manusia mulai dari daun, biji, batang, akar, buah, dan bunga

Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan manusia mulai dari daun, biji, batang, akar, buah, dan bunga
Contoh pemanfaatan dari tanaman jati
  1. Daun

Contoh tumbuhan yang diambil manfaatnya dari segi daun untuk dikonsumsi adalah sawi, kangkung, kol, kobis, daun singkong, dan bayam.  Ada daun yang diambil manfaatnya selain untuk dikonsumsi adalah daun pisang untuk membuat lontong, kue tradisional, dan sebagai pengganti piring untuk menaruh nasi. Adalagi daun kelapa yang masih muda (janur kuning) sebagai hiasan dan untuk membuat ketupat saat lebaran.

  1. Biji

Tumbuhan yang diambil manfaatnya dari bijinya untuk dikonsumsi adalah padi, jagung, dan kacang. Makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Nasi berasal dari biji tanaman padi. Demikian juga jagung. Selain itu ada biji yang digunakan sebagai obat antara lain biji habbatusauda dan biji mahoni.

  1. Batang

Tumbuhan yang diambil manfaatnya dari batang adalah tanaman jati, akasia, dan mahoni. Seperti tanaman jati dan mahoni untuk permbuatan rumah mulai jendela, pintu, meja, kursi dan lain-lain. Ada batang tumbuhan yang bisa dikonsumsi seperti batang sagu dan batang tebu.

  1. Akar

Ada lagi tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya seperti akar bakau, singkong, ubi jalar, dan wortel. Akar bakau dapat menahan abrasi/ erosi dari ombak air laut. Singkong dan ubi jalar sangat bagus untuk dikonsumsi dan bisa sebagai pengganti makanan pokok yaitu nasi.

  1. Buah

Buah sangat penting bagi tubuh kita diantaranya menyuplai vitamin dan serat. Contoh tumbuhan yang diambil buahnya adalah tanaman mangga, pisang, pepaya, anggur, apel, rambutan, semangka, dan melon.

  1. Bunga

Ada tumbuhan yang hanya dinikmati dari segi keindahan yaitu bunga. Contoh tanaman yang diambil bunganya adalah bunga mawar, melati, matahari, anggrek, dan lainnya. Bunga melati selain keindahan dan wanginya, melati juga campurkan dalam teh.

Ada jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan daun maupun buahnya seperti tanaman pepaya. Sudah jelas buah tanaman pepaya sangat enak sekali dimakan apalagi jenis pepaya kalifornia. Tanaman pepaya juga dimanfaatkan daunnya sebagai sayur dan bisa mengobati penyakit.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *