Berwisata ke Grand Pathek Situbondo

Di tahun 2019 ini Kabupaten Situbondo mencanangkan kunjungan wisata. Ada banyak tempat wisata yang dibenahi oleh Pemerintah Situbondo. Salah satunya adalah wisata Pantai Pathek yang kini beralih nama menjadi Wisata Grand Pathek. Lokasi wisata ini di utara alun-alun Situbondo tepatnya di desa Gelung yang cukup dijangkau oleh kendaraan kurang lebih 15 menit.

tempat foto tulisan wisata Grand Pathek

Pagi-pagi jam 06.00 saya berangkat dari rumah di daerah Panarukan menuju Grand Pathek. Sepanjang perjalanan kanan kiri melewati persawahan dan perkebunan tebu. Cuaca yang agak dingin ini semakin sejuk ditemani dengan matahari yang bersinar di pagi hari.

Memasuki Kawasan Pantai Pathek

Memasuki kawasan Pantai Pathek kita menemukan banyak warung di sepanjang pantai. Pada pukul 06.00 waktu itu masih tutup, biasanya warung buka pukul 09.00. belakang warung tersebut langsung ke bibir pantai yang terdapat karang-karang. Kalau orang mancing lokasinya di area tersebut.

Sebelum memasuki Grand Pathek terdapat Balai Pembenihan Ikan Air Payau milik Dinas Perikanan Situbondo. Kemudian nanti kita akan memasuki pemukinan Desa Gelung. Oya Desa Gelung ini terkenal dengan “Rengginang” nya yang enak sekali. Kalau di daerah asal saya di Banyumas Jawa Tengah, rasa rengginangnya hanya dua rasa yaitu rasa manis dan asin. Kalau di Situbondo rengginang yang dari Desa Gelung ada aneka macam rasa rengginang seperti rasa terasi, ikan, cumi-cumi, balado, udang, dan lainnya. Rasanya lebih ke gurih karena menggunakan bahan-bahan ikan yang mudah di dapat di kawasan Pantai Pathek.

Masuk Wisata Grand Pathek

Setelah melewati jalan sepanjang pantai Pathek kita akan menemui pemukiman penduduk. Di kanan kiri jalan terdapat pagar dari bambu yang cat warna warni. Warna-warna tersebut terkesan menarik dan rapi. Terdapat pula tanaman-tanaman di dalam pot. Untuk kondisi jalan sudah aspal halus.

Ketika akan memasuki lokasi wisata, disana terdapat gapura bertuliskan Wisata Grand Pathek. Dari gapura sekitar 300 meter tempatnya. Sepanjang jalan menuju lokasi terdapat pemukiman penduduk.

Tiket Masuk dan Parkir

Biaya tiket masuk perorang Rp5000 sedangkan parkir Rp2000/motor. Biaya parkir mobil saya sendiri tidak tahu.

karcis tiket masuk

Karcis tiket masuknya murah dan umum di semua wilayah wisata kabupaten Situbondo. Nah untuk lokasi parkir motornya juga luas dan teduh karena ada pepohonan yang menaunginya. Ups.. di sana ada parkir sapi juga haha… yah kemarin ada seekor sapi betina yang ada di tempat parkiran.

Parkiran luas dan teduh

Perpustakaan Terapung

Okey langsung saja kita akan eksplor ke Perpustakaan Terapung yang ada di Wisata Grand Pathek. Berikut penampakannya.

Perpustkaan dari depan

Buku yang ada di perpustakaan pantai Pathek ini terbilang masih sedikit dan tertata kurang rapi. Mungkin dari pihak pengelola sudah menatanya tiap hari tapi pengunjung yang mungkin setelah membaca tidak ditata kembali. Jenis bukunya beragam mulai dari anak hingga orang dewasa.

Koleksi perpustakaan terapung Grand Pathek Situbondo
Koleksi perpustakaan terapung Grand Pathek Situbondo

Nah disitu terlihat sedikit acak-acakan. Oya kalau ada angin berhembus, ada suara ketek-kretek dari seng atau atap perpustakaan. Karena tempatnya terapung dan bergoyang kalau kena ombak maka paku-paku seng/gentengnya sudah muali ada yang lepas.

Bacaan anak-anak di perpustakaan terapung
Bacaan anak-anak di perpustakaan terapung

Banyak buku bacaan anak-anak yang bergambar sehingga anak-anak bisa suka. Ini anak saya yang belum bisa baca mulai buka-buka bukunya. Teru ditata kembali.

Buku perpustakaan terapung wisata pantai pathek situbondo
Ini penampakan buku di perpustakaan sebelum dirapikan
Foto di depan pintu perpustakaan terapung
Foto di depan pintu perpustakaan terapung

Foto itu diambil di depan pintu perpustakaan. Di tempat ini kita bisa melihat pemandangan yang ada sekitar kawasan pantai Pathek. Terdapat beberapa gasebo untuk berteduh bagi pengunjung. Oya di tempat ini rasanya seperti bergoyang-goyang kalau terkena ombak. Bagi anak kecil mungkin suka.

Foto sebelah barat perpustakaan
Foto sebelah barat perpustakaan

Kalau yang ini foto di sebelah baratnya. Pada waktu sore hari kita bisa melihat cahaya matahari yang merah ketika mau terbenam. Bisa untuk background foto lho.

Foto sebelah barat perpustakaan
Foto sebelah timur perpustakaan

Untuk foto di sebelah timur pemandangannya kurang begitu bagus.

Tempat makan di wisata Grand Pathek

Tempat makan di wisata pantai Pathek

Nah tempat makannya ada dua lantai. Lantai satu sebagai tempat pemesanan, dapur, dan tempat makan pengunjung. Kalau di lantai dua untuk pengunjung saja. Di tempat tersebut menyediakan berbagai macam oleh-oleh seperti aksesoris, kaos, dan rengginang khas Desa Gelung. Kemarin saya belum sempat mencoba menu makan apa saja yang disediakan disana karena waktu itu masih tutup. Saya datangnya jam 6 dan saya yang sebagai pengujung pertama di wisata itu pada pagi harinya.

Di depan tempat makan ada pepohonan, disana ada dua ekor burung rangkong jinak. Namun saya belum bisa foto dengan burung itu karena terbang kesana kemari dan jarang turun ke dekat tempat makan.

Area Kolam Renang

Di tempat wisata Pathek Situbondo juga terdapat kolam renang untuk anak-anak dan remaja. Ada tiga bagian kolam renang. Yang kolam satu untuk anak-anak batita, kolam dua untuka anak balita, dan kolam tiga untuk anak-anak remaja. Sebelum masuk ke kolam renang harus bayar tiket lagi yah. Disediakan juga balon atau ban untuk berenang.

Kolam renang Grand Pathek
Ini dia kolam renang Grand Pathek

Di atas kolam ada “waring” untuk mencegah ranting ataupun daun kering yang masuk ke dalam kolam.

Taman Bermain Grand Pathek Situbondo

Apa saja tempat bermain disana? Okey berikut foto-fotonya!

Gank cinta di grand Pathek
Gank cinta di grand Pathek

Saya menyebutnya “gank cinta”. Ini kalau malam hari ada lampunya jadi terlihat bagus seperti “love”. Bisa untuk foto-foto depannya.

Area pasir pantai pathek situbondo
Area pasir

Kalau ini area berpasir, bisa untuk bermain dengan anak-anak. Pasirnya bersih. Oleh karena pengunjung jangan membuang sampah sembarangan!

bermain pasir di pantai pathek situbondo
bermain pasir di pantai pathek situbondo

Saya dan Maira lagi bermain pasir. Niatnya mau buat istana pasir tapi tidak membawa perlengkapan yang memadai. Gagal deh….

Warna-warni taman pantai pathek
Warna-warni taman pantai pathek

Di tempat ini ada “tudung” atau caping petani yang dicat warna warni. Bagus juga untuk berfoto disini.

ngeksis di pantai pathek situbondo
Ngeksis dulu ah…

haha.. selfie dulu disini.. tadi sudah foto-foto Maira dengan ibunya sampai puas…

taman ayunan di Grand Pathek Situbondo
taman ayunan di Grand Pathek Situbondo

Terakhir ada tempat ayunan disana. Kalau tidak salah ada tiga ayunan disana. saya sudah mencobanya dan alhamdulillah tidak ambruk hahaha… Itu Maira lagi nyobain ayunannya. Samping kakan dan kirinya ada tempat untuk duduk juga yang di cat warna-warni. Ayo datang ke Situbondo untuk menikmati destinasi wisatanya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *