Berwisata ke Kampung Blekok Situbondo, instagramable banget!

Liburan sekolah semester dua tahun 2019 ini kami isi dengan jalan-jalan di tempat wisata Situbondo. Salah satu tempat yang kami kunjungi ini bernama Wisata Kampung Blekok Situbondo. Lokasinya tidak jauh dari Alun-alun kota Situbondo dan cukup ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 15 menit. Wisata kampung Blekok ini berada di pinggir Jalan Raya Pantura tepatnya di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Tempat ini baru selesai dibangun bulan Desember 2018.

Untuk menemukan tempat ini, Anda bisa memanfaatkan Google Maps sehingga mudah di temukan. Di pinggir jalan raya sudah ada gapura masuk Wisata Kampung Blekok. Di pintu gerbang terdapat loket tiket masuk. Untuk menikmati pemandangan burung blekok di pohon bakau sebaiknya datang ke tempat ini sebelum jam 6 pagi dan jam 5 sore. Pada jam 6 pagi burung blekok mulai keluar mencari makan sedangkan sore hari burung blekok baru pulang.

Wisata kampung Blekok Situbondo
cekrek-cekrek dulu kalau kalau disini…

Tiket masuk Kampung Blekok

Untuk bisa masuk ke wisata ini cukup membayar tiket orang dewasa Rp5000 sedangkan untuk parkir Rp2000. Pengalaman kami bertiga cukup membayar dua tiket saja. Karena bersama anak kecil hehehe.

Tempat parkirnya ini cukup jauh dari lokasi wisata. Tapi Anda akan disajikan dengan pemandangan perkampungan yang bagus dan menyediakan berbagai macam oleh-oleh dari Kampung Blekok. Memang salah satu tujuan adanya wisata ini adalah agar bisa meningkatkan kesejahteraan penduduk sekitar.

Setelah parkir, kita jalan kaki kurang lebih 800 meter untuk melihat Blekok yang sedang bertengger di pohon bakau. Sembari jalan kaki, kita bisa membeli jajalan ataupun oleh-oleh seperti gantungan kunci, hiasan dinding, tirai kerang, dan lainnya. Pokoknya banyak yang jualan barang  kesenian dan tentunya keren-keren.

Oke langsung saja kita bahas satu persatu apa saja yang ada di Kampung Blekok Sirubondo

  1. Taman Blekok

Pertama kali Anda memasuki area wisata, Anda akan disuguhi dengan taman. Taman ini bentuknya unik seperti yang ada foto di bawah ini. Disana terdapat peta lokasi dan spot-spot yang ada di area tersebut. Jalan yang disekitar taman lantainya dari paving dan dicat warna-warni. Untuk atap jalannya ada tanaman rambat yang masih dalam proses menutupi atapnya.

Disebelah kiri atau barat jalan taman terdapat warung yang jual aneka macam makanan seperti snack, bakso, pop mie, dan jualan kreasi seni dari kerang.

taman wisata kampung blekok situbondo
Taman Kampung Blekok
taman wisata kampung blekok situbondo
area taman KB
taman wisata kampung blekok situbondo
di tengah-tengah taman
taman wisata kampung blekok situbondo
ini masih di tengah taman kampung blekok
jalan menuju kampung blekok situbondo
jalan menuju kampung blekok situbondo
jalan menuju kampung blekok situbondo
jalan menuju kampung blekok situbondo
  1. Penangkaran Blekok

Di tempat ini terdapat penangkaran burung blekok. Di dalam tempat ini khusus untuk burung blekok masih anakan yang di temukan warna kemudian di rawat di tempat ini. Biasanya kalau anakan burung blekok jatuh dari pohon bakau tidak lagi dirawat induknya.

Di tempat penangkaran ini juga sebagai tempat pemulihan burung blekok yang terluka karena berkelahi atau yang lainnya. Tempat penangkaran ini ada yang tertutup dan jam 9 baru di buka. Ada lagi beberapa kandang penangkaran di sepanjang jalan panggung seperti gambar di bawah ini.

penangkaran di wisata kampung blekok situbondo
Tempat penangkaran blekok, waktu itu masih di tutup.
Tempat penangkaran blekok, waktu itu masih di tutup.
Tempat penangkaran blekok
  1. Jalan panggung

Jalan di Kampung Blekok ini terbuat dari kayu atau jalan panggung. Ada beberapa spot untuk duduk dan berselfie. Seperti berikut ini!

selfie di jalan panggung wisata kampung blekok situbondo
Selfie dulu sambil melihat blekok di kandang penangkaran
spot selfie di kampung blekok situbondo
Fokus ke sekelilingnya yah… bagus banget buat foto bokeh
wisata yang lagi hist di situbondo
Foto di tempat ini juga menarik
  1. Art Shop

Ada sebuah Art Shop atu toko kesenian yang menjual berbagai macam kesenian dari masyarakat sekitar Kampung Blekok. Barang-barang yang dijual seperti tirai kerang, gantungan kunci, kaos Kampung Blekok, dan masih banyak lagi disini.

art shop kampung blekok situbondo
Art shop. Tapi masih tutup. Kepagian datang kesananya haha
  1. Kafe (Teras BRI)

Di sebelah Art Shop ada 5 kafe. Disini kita memesan makanan ringan setelah berjalan mengelilingi kampung blekok.  Di tengah-tengah Art Shop dan kafe ada tempat untuk selfie disini.

teras Bri wisata kampung blekok situbondo
Teras BRI. Sori kelupaan foto di depannya.
teras Bri wisata kampung blekok situbondo
Tampak samping teras BRI
  1. Zero waste

Sepanjang jalan wisata ini wisatawan dilarang membuang sampah. Sudah ada beberapa tempat sampah yang disediakan oleh pengelola kampung blekok. Di dekat papan zero waste ini bagus juga untuk foto-foto disini.

zero waste kampung blekok situbondo
Haha fotonya ayah malah di blur sama ibu.. Fokus pada tulisan zero waste nya
  1. Pembibitan tanaman bakau

Di tempat wisata hutan bakau ini pasti ada pembibitan. Kita bisa mengetahui berbagai jenis tanaman bakau. Di sana terdapat nama-nama tanaman bakau yang ukurannya masih kecil. Nantinya hasil pembibitan dari tempat ini akan disebar ke berbagai wilayah di sekitar pantai Situbondo.

tempat pembibitan bakau kampung blekok situbondo
tempat pembibitan bakau
  1. Spot selfie

Sepanjang jalan panggung ini sangat bagus untuk berfoto ria. Apalagi di jalan yang samping kanan kirinya ditumbuhi tanaman bakau yang sudah tinggi. Di pagi hari udaranya sangat sejuk dan segar. Bagus sekali untuk terapi jalan-jalan disini. Di beberapa titik juga terdapat himbauan agar tidak membuang sampah sembarangan. Kata-katanya kece bener….

wisata hits situbondo kampung blekok
ayuk berlarian…
wisata situbondo terbaru
santai dulu…
tempat wisata terbaru di situbondo
sebuah pesan….
wisata bakau di kabupaten situbondo
Seperti lorong.. foto ini kalau di edit pasti bagus banget…
kampung blekok situbondo
Jangan menoleh ke belakang kalau sudah ambil keputusan 😀
  1. Menara dan Resto Cofee

Di spot terakhir wisata ini ada dua yang bagus banget untuk selfei. Adalah menara dan Resto Cofee. Di menara ini kita bisa melihat lokasi wisata ini dari tempat yang tinggi. Melihat ke selatan ada perkampungan penduduk dan hutan bakau. Di tempat ini juga akan tampak burung blekok yang sedang bertengger dan tampak sarang blekok dan anaknya. Melihat ke utara ada dermaga Samudra, Panarukan.

Bagi yang mau makan atau minum di Resto Coffe. Pengen makan Pop Mie juga ada. Nah di tempat ini kita bisa menikmati pemandangan laut, dermaga, dan pegunungan. Yang eksotis banget melihat ke selatan ada Gunung Agung Kendit. Bisa kita lihat foto-fotonya berikut ini!

kafe resto di kampung blekok situbondo
Ini dia penampakan coffe restonya… sweet banget
coffe resto kampung blekok
Disini Anda bisa duduk-duduk sambil minum kopi dan menikmati pemandangat sekitar
wisata situbondo terbaru
Pemandangan sekitar dari kafe resto. Ada gunung Agung
wisata kabupaten situbondo terbaru
Yang mau pesan kopi silahkan disini yah…
pesona kabupaten situbondo
Menikmati pemandangan yang begitu indah di temani kesayangan..
tempat wisata kabupaten situbondo 2019
Tawa canda bersama anak
wisata pantai di situbondo
Dari kejauhan terlihat Dermaga Panarukan, Situbondo

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *