Daftar harga sepeda polygon 2 jutaan yang cocok untuk pemula gowes

Buat kamu yang mau menekuni hobi baru yaitu gowes bisa memilih brand Polygon seperti saya. Salah satu brand atau merek yang paling terkenal dan asli buatan dalam negeri adalah Polygon. Brand ini sudah lama berdiri dan pastinya banyak pengalaman di dunia persepedaan.

Dengan budget 2 jutaan tapi pengennya dapat sepeda yang bagus dan tidak memalukan ketika di bawa gowes bareng akhirnya saya memilih Polygon Monarch 5 yang sudah saya review disini. Sekarang saya ikut di komunitas sepeda yang bernama GAC Situbondo (Gowes Antar Club). Kalau sudah berkumpul, sepeda teman-teman bagus-bagus banget. Ya iyalah… sepeda mereka itu paling murah 5-6 jutaan. Teman gowes yang pro atau sudah lama main bawanya sepeda 10 sampai 20 jutaan. Kalau sepedanya direktur atau kepala dinas lebih ngeri lagi. Ada sepeda milik Pak Haji Ongki dan PakHaji Harek mereknya Santa Crus yang hargnya 60an juta.

Itu sekilas pengalaman saya. Waktu itu saya juga konsultasi dengan teman dan cari-cari info di internet kira-kira dengan budget maksimal 2,5 juta sudah dapat sepedan dan perlengkapannya. Saya dapat saran untuk membeli Monarch 5. Pada bulan Desember 2018 hargannya waktu itu 2,25 juta. Jadi sisanya bisa untuk beli Helm merek Bolt dan jersey sepeda. Kalau bawa merek Polygon ada rasa tersendiri walaupun tipenya masih yang murahan tapi bisa dipakau disegala medan (on road dan off road).

Ada dua kriteria dalam memilih sepeda yang bisa dipakai disegala medan:

  1. Frame sudah alloy.

Alloy ini sejenis logam alumunim yang lebih ringan daripada steel atau besi. Kalau kerangkanya alloy sudah termasuk keren. Jadi kalau diangkat-angkat dan mengayuh sepedanya terasa ringan.

  1. Velg sudah double wall

Kalau velg ban sudah double wall ini tidak perlu kawatir penyok untuk melintasi jalan pegunungan atau untuk main off road.

Note: Kriteria tersebut pada patokan harga 2 juta saja yah. Jadi jangan dilihat group set nya.

Harga sepeda polygon 2 jutaan

  1. Polygon Monarch 4

Pilihan yang pertama jatuh pada Polygon Monarch 4. Sepeda ini dibandrol Rp2.050.000 di dealer resmi Polygon. Bagian frame atau kerangka sudah alloy, velg sudah double wall, dan sudah 7 speed. Untuk spesifikasi group set nya dari Shimano tapi masih standar-standar saja.

harga sepeda polygon monarch 4
sepeda polygon monarch 4 tahun 2019
  1. Polygon Monarch 5

Masih di seri Monarch sepeda polygon MTB yang terkenal murah dan paling laku keras di kalangan pemula gowes adalah Polygon Monarch 5. Spesifikasi Monarch 4 dan monarch 5 sama persis. Lantas yang beda apa yah? Ternyata yang membedakan polygon monarch 4 dan 5 adalah bentuk stang (handlebar). Bentuk stang monarch 4 cenderung datar sedangkan monarch 5 stangnya melengkung pada bagian tengahnya. Untuk panjang stang juga sama. Kemudian yang membedakan lagi adalah motif bannya. Dari segi berat monarch 4 lebih berat dibandingkan monarch 5. Perbandingannya 15,2 dengan 15,9 kg.

Fork warna biru polygon monarch 5
Polygon Monarch 5 tahun 2018

Sepeda polygon monarch 5 dibandrol 2,25 juta. Dari segi warna juga lebih bagus monarch 5 lho.

Seri monarch 4 dan 5 jenis rem masih rem mekanik. Kalau rem mekanik membutuhkan tenaga yang lebih ketika di medan menurun. Rem hidrolik cukup pakai tenaga yang ringan saja sudah pakem banget.

  1. Polygon Cascade 2

Lebih meningkat lagi di atas Monarch 5 adalah Cascade 2. Bedanya adalah pada bagian fork, ukuran ban, dan grupsetnya. Untuk yang lainnya sama. Cascade dua forknya lebih empuk dibanding monarch. Speednya juga sudah 8 kalau monarch 7 speed. Harga polygon monarch 2 di tahun 2019 2,6 juta. Sepeda ini terlihat lebih tinggi karena memakai ukuran ban 27,5 inchi. Cocok untuk yang badannya di atas 165 cm.

harga sepeda polygon cascade 2
harga sepeda polygon cascade 2 tahun 2019
  1. Polygon cascade 3

Lebih meningkat lagi harganya adalah polygon cascade 3 yang dibandrol 2,9 juta. Dari segi fork, ukuran ban, grup set masih sama seperti cascade 2. Yang membedakan banget adalah bagian pedalnya. Pedal cascade 3 sudah alloy (alumunium) sehingga kalau jatuh tidak rawan pecah. Pada bobot sepeda, cascade 3 malah lebih berat dibanding cascade 2. Perbandingannya 16 kg dengan 15,3 kg. Hub cascade 3 juga sudah alloy dan mudah dilepas tanpa menggunakan kunci. Jadi pakai tangan tinggal menarik penguncinya sudah bisa. Ada satu lagi yang membedakan adalah cranknya. Bagian crank cascade 3 sudah alloy.

Rentang harga polygon monarch dan cascade cukup jauh. Untuk monarch terkesan lebih pendek karena memakai ukuran ban 26 inch sedangkan cascade sudah memakai ukuran ban 27,5. Monarch 4 dan 5 cocok untuk yang tinggi badannya di bawah 165. Yang mencolok perbedaanya lagi pada kecepatan gearnya. Monarch sampai 7 speed dan cascade sampai 8 speed. Bedanya kalau ditanjakan jelas terasa lebih ringan memakai cascade ketika sama-sama memakai gigi satu.

Demikian referensi harga sepeda polygon 2 jutaan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Ada pertanyaan bisa disampaikan pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *