Enzin pencernaan yang ada di lambung

Nama lain lambung adalah ventrikel. Di dalam lambung terdapat 4 enzim yaitu enzim renin, enzim pepsin, enzim lipase dan asam klorida.

  1. Enzim renin berfungsi untuk mengumpulkan kasein yang terdapat pada air susu. Kalau ada kandungan susu pada makanan ataupun minuman yang kita konsumsi, enzim ini akan bekerja untuk mengumpulkan kasein.
  2. Enzim pepsin berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton.
  3. Enzim Lipase berfungsi untuk memecah atau mencerna lemak yang masuk bersama dengan makanan.
  4. Asam klorida berfungsi untuk membunuh penyait yang masuk bersama dengan makanan yang kita konsumsi. Jadi asam klorida ini merupakan pencegahan awal dari pembunuhan kuman atau bakteri yang bersembunyi dalam makanan kita. asam klorida yang berlebihan juga dapat menyebabkan rasa sakit atau maag.

Enzin pencernaan yang ada di lambung dan fungsinya

Keempat enzim tersebut sangat besar dalam proses pencernaan yang terjadi di lambung. Lambung merupakan alat pencernaan manusia setelah makanan masuk ke dalam mulut dan kerongkongan.

Di dalam lambung terjadi proses pencernaan oleh enzim-enzim dan otot lambung. Otot pada lambung akan bergerak meremas dan mengaduk makanan menjadi bubur yang disebut dengan kim.

Bagian-bagian lambung ada tiga yaitu:

  1. Kardiak

Kardiak merupaka otot sfinkter kardiak yang bekerja saat ada makanan yang masuk akan membuka.

  1. Fundus

Fundus merupakan bagian tengah lambung yang berbentuk bulat.

  1. Pilorus

Pilorus adalah bagian lambung yang paling bawah yang berdekatan dengan usus halus.

Hormon dalam lambung

Di dalam lambung terdapat hormon gastrin dan terdapat pula getah lambung. Fungsi dari hormon gastrin ini merangsang dinding lambung sehingga dapat mensekresikan getah lambung.

Fungsi lambung antara lain adalah membunuh bibit penyakit seperti kuman atau bakteri bahkan cacing yang masuk dalam makanan, mengaktifkan pepsinogen untuk menjadi pepsin, dan mengubah sifat protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *