Review Polygon Monarch 5 setelah pemakaian 6 bulan

Saat ini Pak Mono menggeluti hobi yang masih terbilang baru yaitu Gowes. Saya membeli sepeda Polygon Monarch 5 pada akhir bulan Desember 2018. Dahulu setelah beli niatnya mau review tapi baru sekarang sempat mau cerita tentang kelebihan dan kekurangan sepeda Polygon Monarch 5.

Sepeda ini bisa dibilang cocok banget untuk pemula contohnya seperti saya sendiri. Polygon Monarch 5 ini termasuk sepeda yang terlaris di kelas entry level. Selain harga yang terjangkau tampilannya juga keren. Buat kamu yang tinggi badannya kurang dari 165 cm bisa memilih sepeda ini karena ukuran bannya 26 inch.

Review polygon monarch 5
Menikmati matahari senja bersama Monarch 5

Harga

Sepeda Polygon Monarch 5 di toko resmi Polygon dibandrol dengan harga Rp2.250.000. Saya beli dengan harga tersebut. Mungkin untuk area luar jawa harganya beda sedikit.

Spesifikasi Polygon Monarch 5

  1. Shifter

Shifter atau bagian pemindah gear cukup baik. Bagian kanan untuk memindahkan gear atau gigi belakang yang jumlahnya ada 7 gear. Sedangkan bagian kanan untuk memindahkan gear belakang yang ada 3 gear. Tipe shifter ini adalah SHIMANO ST-EF41, yah termasuk standar menurut saya.

shifter monarch 5 masih standar
masih standar. Kalau kena air kadang mengembun di dalamnya
  1. Frame

Frame atau kerangkanya sudah Alloy atau alumunium sehingga rasanya ringan. Kalau ukuran frame nya 16 inchi. Cocok yang tinggi badannya di bawah 165 cm. Ketika saya memakai sepeda ini di daerah perbukitan dan harus terpaksa mengangkat terasa ringan dibandingkan Monarch dibawahnya seperti monarch 3 yang kerangkanya masih besi.

Frame alloy Monarch 5 sudah bagus
Fokus pada frame nya yah… sudah bagus dan cocok untuk tinggi badan saya
  1. Sadle atau jok

Joknya terbilang cukup empuk. Kalau sedang gowes saya memakai celana khusus sepeda yang ada pading (busa) sehingga terasa lebih nyaman bersepeda dalam waktu yang lama.

sadle atau jok monarch 5 sudah empuk
Sadle nya lumayan sudah empuk
  1. Fork

Fork atau suspensi depannya terbilang standar atau cukup lah bersepedaan di jalan raya. Kalau di pakai untuk medan off road tidak recomended. Jenis Fork yang dipakai adalah  SHIMANO ST-EF41. Jadi fork ini kita tidak bisa menyetelnya atau sudah paten dari sana. Tidak tersedia untuk mengunci fork atau melepas kuncinya. Maklum dengan harga 2 jutaan sudah dapat frame dan velg yang bagus. Saya sendiri sekarang sudah mengganti forknya ke Santour XCR. Lumayan habis banyak untuk upgrade fork depan Monarch 5.

Fork warna biru polygon monarch 5
Warna forknya keren bro…
  1. Stang atau handlebar

Panjang stangnya kurang lebih 68 cm. Jadi terbilang cukup dan cocok untuk orang yang tidak terlalu tinggi ataupun tidak terlalu pendek. Desain stanya sudah bagus. Bisa kita lihat melengkung dibagian tengahnya.

hadlebar atau stang polygon monarch 5
Stangnya cukup panjang dan nyaman
  1. Rear Derailleur dan Front Derailleur (RD dan FD)

RD atau bagian pemindah gigi bagian belakang dan FD pemindah gigi bagian depan ini masih standar yakni masih Shimano Turney.

FD turney polygon monarch 5
Bagian crank dan FD monarch 5
RD turney polygon monarch 5
bagian RD juga masih standar. Yang penting sudah bisa dibawa gowes dan aman
  1. Brake atau rem

Rem nya masih piringan biasa belum hidrolik. Rem jenis ini biasa disebut dengan Mechanical Disc Brake. Kalau dipakai off road jalan menurun butuh tenaga untuk mengerem. Kalau hidrolik rasanya lebih ringat saat mengerem.

Disk brake atau rem masih standar
Sistem pengereman masih standar atau mekanik rem.
  1. Ukuran ban

Diameter ban 26 inc dan ukuran ban  26X2.00. desain ban bawaan ini cukup bagus juga untuk medan offroad ringan.

Ukuran bank polygon monarch 5
Diameter ban 26″
  1. Velg

Nah velg nya ini sudah double break artinya sudah cukup kuat untuk medan offroad. Bisa dibilang tidak mudah penyok.

Ukuran bank polygon monarch 5
Velg ban sudah double wall dan cukup mumpuni dibawa ke tempat yang terjad tanpa takut penyok
  1. Berat

Sepeda polygon monarch 5 ini cukup ringan yakni 15kg. Kalau lagi gowes di jalan yang tidak memungkinkan kita bisa mengangkatnya dengan mudah.

Ulasan pemakaian Monarch 5 setelah 6 bulan

Saya sudah memakai sepeda ini sekitar 6 bulanan dan dibawa ke jalan raya, area persawahan, dan offroad pegunungan. Sampai sekarang untuk pemindahan gigi lasih lancar. Di bawa juga enak dan tidak ada masalah. Oya ban dalam sudah saya ganti sekali karena sudah bocor kena paku dua kali.

Dengan harga dua jutaan sudah mendapatkan sepeda yang dibilang bagus saya pribadi. Tidak malu untuk dibawa gowes bareng. Kalau pas ketemu teman-teman sepedanya itu mahal-mahal banget lho. Rata-rata di atas 5 jutaan bahkan ada teman yang sepedanya 50 juta seperti merek Santa Cruz. Kalau sepeda saya yang paling murah ketika dijejerin hehe.

Kekurangan sepeda polygon monarch 5

  1. gear

Kekurangannya ada bagian gear atau gigi belakang hanya 7. Jadi rasanya kalau untuk tanjakan butuh tenaga yang ekstra. Rasanya akan lebih berat dibandingkan dengan sepeda yang gearnya ada 9 atau 10. Untuk tanjakan yang biasa saya masih kuat melibasnya. Tapi kalau sudah di atas 60 derajat dan lintasan yang panjang..waduh… harus turun dari sepeda dan di dorong.

  1. Fork agak keras

Selama pemakaian di jalan raya dan area persawahan memakai fork bawaan Monarch 5 masih nyaman-nyaman saja. Tapi kalau di medan offroad rasanya keras dan membuat tangan terasa agak pegal. Yah maklum saja yah karena harganya yang sangat terjangkau. Kalian bisa ugrade dengan membeli fork santour XCR atau XCM yang sudah ada lock (kunci) pada bagia forknya. Saya sendiri sudah mengganti forknya dengan merek santour XCR. Sure…. rasanya jadi sangat empuk dan nyaman di bawa ke medan offroad.

Fork Monarch 5
Ini forknya sudah saya ganti. Kalau ada yang mau bisa menghubungi saya lewat komentar atau menu kontak.

Di lain kesempatan saya akan menceritakan pengalaman saya ganti fork monarch 5 ke suntour XCR ukuran 26

  1. Pedal

Pedalnya masih plastik dan ukurannya standar banget. Kalau jatuh rawan pecah dan di tapak kaki kurang lebar. Saran saya bisa diganti dengan pedal yang lebih bagus seperti pedal yang terbuat dari alumunium.

Pedal Monarch 5 masih plastik
Pedalnya masih plastik gaes.. tapi lumayan juga kualitasnya
  1. Kabel shifter gear

Nah kabelnya masih di luar frame (kerangka) sehingga terlihat kurang rapi. Kalau di atas sepeda Monarch 5 ada Cascade yang kabel shifternya sudah internal (di dalam frame).

Kabel shifter Monarch 5 masih di luar frame
Kabel shifter Monarch 5 masih di luar frame

Demikian tentang curhat saya mengenai Polygon Monarch 5. Kalau ada yang kurang bisa ditanyakan lewat kolom komentar di bawah ini.

One Response for Review Polygon Monarch 5 setelah pemakaian 6 bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *