Ganti ban motor tubeless pada Honda Revo 100 biar lebih ganteng dan nyaman

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ganti ban motor tubeless pada Honda Revo 100 CC (saya beri nama Bleki). Selama ada di tangan saya dari tahun 2011 hingga saat ini (2020) baru ganti 2 kali dengan ban biasa. Nah yang ketiga kalinya saya ganti dengan ban Tubeless merek Corsa di Planet Ban Situbondo.

Ada beberapa hal saya putuskan untuk menggantinya dengan ban tubeless. Alasan yang pertama adalah dari kenyamanannya kalau terkena paku atau kawat. Kemudian yang kedua ternyata setelah dipikir-pikir ganti ban tubeless lebih hemat karena gak mikir beli ban dalam dan sering tambal ban. Ban tubeless sekarang sudah ada cairan yang bisa menutup pada bagian ban yang bocor. Jadi kalau ban tubeless kena paku kemudian paku diambil didiamkan beberapa saat, ban bisa dipompa kembali tanpa kita harus ke tukang tambal ban.

Ini dia nih penampakan motor Revo 100 CC keluaran tahun 2008. Tambah ganteng kan? haha

modifikasi motor honda revo 100 cc
Modifikasi motor Honda Revo 100 CC

Selama memakai ban biasa sudah beberapa kali ganti ban dalam karena kena paku. Kalau sudah ketiga kali kena paku biasanya langsung ganti ban dalam saja. Coba deh dihitung-hitung ganti ban dalam 3 kali saja kalau setiap ganti ban dalam Rp35.000 kan bisa dapat ban luar yang baru. Itu belum dihitung biaya tambal bannya hehe #perhitunganbanget

Pemakaian ban tubeless selama tiga bulan

selama tiga bulan baru sekali isi angin pada saat pemasangan ban saja. Kalau kamu ganti ban motor di Planet Ban kamu bisa dapat kartu member dan bisa GRATIS SEUMUR HIDUP isi angin (NITROGEN). Waduh…. ini kok saya promosi padahal gak dibayar loh 😀

Dari pemakaian selama ini nyaman banget. Ketika melewati jalan yang cukup terjal berbatu rasanya empuk. Oya tekanan angin pada roda belakang di isi 38 Psi dan roda depan di isi 30 Psi. Rasanya memakai ban tubeless juga tidak sering isi angin. Biasanya waktu memakai ban biasa tiap bulan bahkan kurang selalu isi angin.

Honda Revo 100 CC ganti ban tubeless
Tampak samping jadi lebih ganteng

Harga ban merek corsa

Ngomong-ngomong soal harga, ternyata harganya sama dengan ban motor biasa bro.. nih daftar harga ban corsa yang saya pakai:

  • ban depan corsa 119.000
  • ban belakang corsa 142.000

Jadi ya buat ke depan jelas hemat banget. Gak perlu lagi beli ban dalam hehe..

Ganti ban belakang motor dengan ban tubeless merek corsa
Ban belakang cukup besar dan gagah

Harga minyak ban tubeless Rp35000

Dari montir Planet Ban disaranin untuk beli minyak ban tubeless. Tujuannya agar ban kena paku terus pakunya dicabut nantinya kita tidak perlu ke tukang tambal ban. Dengan sendirinya minyak tersebut akan menutup lubang bekas paku tersebut. Ban motor siap dipompa lagi.

Harga ban depan merek corsa
Tampilan roda depan

Rangkuman kelebihan ganti ban tubeless

  • Tidak repot ketika ban kena paku

Ketika dalam perjalanan, kemudian ban motor terkena paku ban masih tetap bisa dipakai. Kita tidak perlu repot-repot mendorong motor mencari tambal ban.

  • Lebih hemat

selama saya memakai ban biasa dan bertanya kepada teman yang sudah lama memakai ban tubeless ternyata lebih hemat alias jarang banget ke tambal ban. Mungkin kalau kalian tinggal di kota besar biasanya banyak ranjau paku yang sengaja disebar.

  • Rasanya lebih empuk

bahan untuk membuat ban tubeless memang lebih lunak dibanding ban biasa. Hal ini akan menambah kenyamanaan saat berkendara ketika melewati jalan yang kurang mulus. Namun dari segi keawetan penggunaan ban tubeless berumur lebih pendek dibanding ban biasa. Hal ini juga tergantung dari si pemakai motor. Kalau mobilitas tinggi jelas ban lebih cepat aus.

  • Cengkeraman ban lebih kuat

Buat kamu yang sering berkendara ngebut-ngebutan, ban tubeless memiliki cengkeraman yang lebih kuat dibanding ban biasa loh. Tapi ya itu tadi lebih berumur pendek sedikitlah dibanding ban biasa. Ban tubeless juga lebih aman ketika berkendara waktu hujan.

Itu saja ya bro… seputar pengalaman saya ganti ban tubeless pada motor Revo 100 kesayangan saya. Semoga bermanfaat dan utamakan savety riding bro 🙂

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *