Macam-macam siklus hidrologi (air)

Ada tiga macam siklus hidrologi (siklus perjalanan air) yaitu siklus pendek, siklussedang, dan siklus panjang. Penjelasan mengenai ketiga siklus tersebut diuraiakan sebagai berikut:
macam macam siklus air

1. 
Siklus Pendek
Pada siklus pendek ini air laut menguap pada proses kondensasi kemudian berubah menjadi butir-butir air yang halus di awan. Selanjutnya terjadi hujan yang jatuhnya langsung di laut dan hal ini terus terjadi berulang-ulang.
Bisa diringkas : air lautèmenguapèkondensasiè hujan di laut.
2. Siklus Sedang
Pada siklus sedang ini air laut yang menguap kemudian uap air tersebut terbawa oleh angin menuju ke daratan dan melalui proses kondensasi uap tersebut berubah menjadi butir-butir air yang jatuh sebagai hujan di daratan. Selanjutnya air hujan tersebut akan meresap ke dalam tanah kemudian kembali ke laut melalui sunga-sungai atau saluran air. Hal ini terjadi secara berulang-ulang. Bisa diringkas : air lautèmenguapèterbawa oleh anginè kondensasiè terjadi hujan di daratanèterserap ke tanahè mengalir ke saluran air atau sungaièair kembali ke laut.
3. Siklus Panjang
Air laut yang menguap kemudian mengalami kondensasi di awan kemudian terbawa oleh angin ke suatu tempat yang lebih tinggi (pegunungan) dan jatuh pada daratan maka terjadilah hujan salju atau hujan es di daerah pegunungan tinggi. Bongkahan-bongkahan es tersebut menumpuk pada puncak gunung dan karena berat maka akan meluncur ke dataran rendah. Setelah es pada pegunungan tersebut mencair maka akan terbentuk gletser yang airnya mengalir melalui sungai dan kembali ke laut.
proses siklus panjang pada daur hidrologi
Secara ringkas siklus panjang sebagai berikut:
air lautè menguapè mengalami kondensasi di awanèterbawa oleh anginè menuju dataran tinggi atau pegununganèterjadi hujan salju/ esè menumpuk pada pegununganèmencair menjadi gletserè menuju sungai-sungaièmenuju ke laut.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai macam-macam siklus air yang terjadi di alam. Semoga kita selalu bersyukur atas nikmat hujan yang diberikal oleh Allah subhanau wata’ala karena hujan adalah rahmatNya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *