Mengenal tipe kepribadian sanguin, koleris, plegmatis, dan melankolis

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti memiliki teman atau rekan kerja yang berbeda karakter. Bahkan dalam satu keluarga masing-masing anak memiliki karakter yang berbeda. Ada yang memiliki karakter periang, pemalu, pendiam, bersahabat, pemarah, optimis, perfeksionis dan karakter lainnya. Saya yang bekerja sebagai seorang guru setiap hari berkomunikasi dengan puluhan siswa yang memiliki karakter yang berbeda-beda di kelas.

Designed by macrovector / Freepik

Penting tidak sih belajar memahami karakter seseorang?

Bagi saya sangat penting sekali. Ketika kita mengenal karakter seseorang kita bisa berkomunikasi secara tepat. Demikian juga bagi orang tua memahami karakter anak sangatlah penting. Apalagi seorang guru. Guru harus bisa memahami setiap karakter siswa agar pelajaran yang disampaikan bisa mengena. Dalam dunia perusahaan, setiap perkerjaan membutuhkan orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

Berikut ini saya akan menyampaikan 4 tipe kepribadian yang dimiliki seseorang mulai dari tipe kepribadian sanguin, koleris, plegmatis, dan melankolis lengkap dengan ciri-cirinya.

1. Tipe Kepribadian Sanguin

Orang yang memiliki karakter sanguin terkenal dengan sikapnya yang ramah dan suka berbicara. Orang ini sangat aktif dan mudah bergaul. Ada saja topik yang diperbincangkan. Karena memiliki kemampuan berbicara yang baik orang sanguin bisa mempengaruhi lawan bicaranya dengan mudah. Karena kemampuan bicaranya yang enak di dengar dan meyakinkan, orang sanguin memiliki banyak teman. Tipe sanguin sering membuat orang bisa berkesan bertemu dengannya.

ciri ciri kepribadian sanguin

Tipe sanguin juga memiliki humor yang tinggi sehingga disukai olah lawan bicaranya. Ketika membicarakan sesuatu orang sanguin lebih ekspresif. Mereka memiliki impian-impian yang tinggi dan bisa merencanakan dengan baik. Namun ada kelemahannya yaitu kurang terdorong atau usaha untuk mewujudkan impiannya masih lemah. Selain itu orang sanguin pelupa dan sering tidak disiplin.

Berapa jumlah orang sanguin di masyarakat?

Populasi orang sanguin di masyarakat sekitar 25% – 30%.

Pengakuan dan penghargaan orang sanguin

Tipe sanguin cenderung ingin mendapat pengakuan dan penghargaan dari temannya. Ia cenderung takut kehilangan kawan.

Orang sanguin di rumah dan tempat kerja

Anak yang memiliki tipe sanguin akan membuat rumah menjadi ramai dan hidup. Lebih mudah bersosialisasi dengan teman sekitar rumahnya. Teman-temannya akan menyukai anak yang berkepribadian sanguin.

Dalam dunia pekerjaan, orang sanguin tidak suka dengan pekerjaan yang monoton. Yang sukai oleh orang sanguin adalah pekerjaan yang bersifat spontan. Contoh pekerjaan yang membutuhkan orang yang memiliki tipe sanguin adalah wartawan dan reporter televisi. Mereka akan dengan mudah menawarkan diri sebagai sukarelawan dalam melakukan suatu tugas. Orang sanguin memiliki antusiasme yang tinggi dan akan mendorong atau memotivasi rekan kerjanya.

2. Tipe Kepribadian Koleris

Orang dengan tipe kepribadian koleris terkenal memiliki sikap yang tegas dan keras. mereka tergolong orang yang pantang menyerah. Memiliki energi yang besar dalam memecahkan masalah-masalanya yang dianggap sulit. Apabila mengalami kegagalan, ia akan mencobanya kembali sampai bisa. Orang koleris ingin selalu menjadi pemimpin. Dalam suatu kegiatan, orang koleris cenderung ingin menjadi pemimpin kelompok. Hal ini karena dorongan alamiah dari orang tipe koleris. Apabila mendapat tawaran menjadi pemimpin, ia akan sangat senang.

ciri ciri kepribadian koleris

Dalam memecahkan masalah, orang koleris bisa berfikir dengan cepat dan dapat segera mengambil keputusan. Mereka cenderung tidak mau diam. Ketika satu pekerjaan selesai mereka akan mencari atau menyelesaikan pekerjaanya lagi secara cepat. Mereka tidak mau menyia-nyiakan waktu. Tipe koleris berbakat sebagia pemimpin. Mereka sangat dinamis dan aktif dalam hal membuat perubahan.

Apabila seorang koleris memiliki kesalahan, mereka akan mampu mengevaluasi dan memperbaiki kesalahannya. Hal ini dikarenakan ia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Berapa jumlah orang dengan tipe koleris di masyarakat?

Tipe koleris dalam masyarakat paling sedikit yakni berkisar 10% dari total pupulasi.

Orang koleris dalam dunia pekerjaaan

Di dalam pekerjaan orang koleris selalu berusaha mencapai target. Ia sangat suka dengan pekerjaan dengan tantatangan. Ia akan berambisi untuk menyelesaikan pekerjaan yang berat. Jika mengalami masalah, orang koleris akan berpikir cepat dan mencari cara penyelesaian yang praktis karena tujuan akhirnya adalah hasil akhir yaitu selesai.

Tipe komunikasi orang koleris

Dalam hal berkomunikasi, tipe koleris tidak mau basa-basi. Langsung pada inti (to the point) permasalahan.

Dalam hal tindakan orang koleris akan berpikir untuk selalu menang dan benar. Jadi dalam diskusi, ia akan berusaha menyiapkan diri. Dalam hal menyelesaikan masalah, ia bisa menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Waktu usia anak-anak, tipe koleris jarang menangis.

3. Tipe Kepribadian Plegmatis

Orang plegmatis memiliki karakter pemalu, manis, sopan, tidak suka memerintah, sabar, dan tidak suka dengan konflik. Tipe ini sangat enak untuk dijadikan teman. Dalam pergaulan mereka cenderung memiliki aturan yang baik dan tidak ingin menyakiti lawan bicaranya. Bisa dikatakan hati-hati dalam bicara.

Mereka tidak suka dengan pertentangan dan cenderung setuju dengan pendapat temannya. Apabila dalam pertentangan atau pertengkaran, tipe phlegmatis sangat baik menjadi penengah karena orangnya yang netral dan tidak mudah tersinggung. Dalam bersosialisasi, orang phlegmatis akan tertutup tentang dirinya. Mereka juga suka bersosialisasi tapi tidak seperti tipe sanguin yang sikapnya terbuka dalam hal dirinya sendiri. Jadi ada batasan tersendiri dalam hal komunikasi orang plegmatis.

Orang plegmatis dalam pekerjaaan

Orang plegmatis tidak bisa multi tasking. Artinya ia akan menyelesaikan pekerjan satu persatu kemudian akan beralih ke pekerjaan yang lain. Mereka bisa mengerjakan pekerjaan yang monoton. Berbeda dengan tipe sanguin dan koleris yang akan merasa bosan jika menghadapi pekerjaan yang monoton.

Orang plegmatis dalam menyimpan rahasia

Dalam hal rahasia, mereka sangat baik dalam menyimpannya. Apabila mereka sudah berjanji menyimpan rahasia, maka kerema akan menjagananya dengan baik. Oleh karena itulah orang phlegmatis sangat baik dalam menjaga rahasia teman dan sangat cocok untuk curhat. Berbeda dengan tipe sanguin yang bisa menceritakan rahasia seseorang kepada orang lain sebagai bahan pembicaraannya.

Orang plegmatis dalam pekerjaaan

Orang phlegmatis akan taat terhadap atasan. Mereka akan menerima perintah dengan baik dan melaksanakannya. Mereka akan sulit untuk mengatakan “tidak” dalam menerima perintah. Mereka juga akan mengalah. Karena sikapnya yang tidak tegas inilah yang kadang bisa disalahgunakan oleh rekan kerjanya.

Orang phlegmatis akan mudah terpengaruh bujukan orang lain. Misalnya apabila ditawari suatu barang maka mereka akan membelinya walaupun tidak terlalu membutuhkan. Mereka cenderung ingin menyenangkan orang lain.

Orang plegmatis suka dengan tempat yang sama

Orang phlegmatis cenderung suka dengan tempat yang sering dikunjungi. Mereka tidak suka dengan kejutan. Bisa dicontohkan orang plegmatis akan berwisata di tempat yang sama dan nongkrong di tempat yang sama.

Rahasia orang phlegmatis

Mereka akan menutup diri atau tidak mau menceritakan hal-hal pribadinya kepada orang lain. Mereka juga suka menyimpan suatu kenangan seperti foto-foto lama, surat cinta yang lama, atau berkas-berkas yang lainnya. Mereka menganggap hal tersebut adalah kenangan yang sangat berarti.

Jumlah orang plegmatis di masyarakat

Dalam suatu populasi di suatu masyarakat, orang phlegmatis jumlahnya sekitar 30%-35%.

Mereka akan senang terhadap penerimaan dan penghargaan (pujian). Kemudian orang ini bisa menerima apa adanya dan bisa hidup bahagia. .

Manfaat berteman dengan orang plegmatis

Orang plegmatis akan menjaga rahasia lawan bicaranya sehingga cocok menjadi lawan untuk mencurahkan hati. Orang phlegmatis juga sabar. Ketika temannya dalam menghadapi masalah, ia akan berusaha membantunya dan menenangkannya. Sikapnya yang rendah hati ini akan membuat orang plegmatis disukai oleh teman-temannya. Plegmatis juga memiliki rasa empati yang tinggi dengan temannya.

4. Tipe Kepribadian Melankolis

Orang dengan tipe melankolis terkenal dengan orang yang tertutup, cerdas, serius, dan kritis dalam berpikir. Dalam hal mengerjakan pekerjaan, mereka akan bekerja secara tekun dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya. Pola berpikir yang kritis orang melankolis mampu menganalisis suatu masalah dengan sangat baik.

Mereka bisa melihat kondisi di luar dengan melihat data-data dan bisa berperan di balik layar. Mereka bisa memprediksikan suatu hal dibandingkan tipe lainnya karena kamampuan menganalisis yang tinggi.

Dalam hal pekerjaan, orang melankolis adalah orang yang sangat hati-hati dan teliti. Mereka juga curiga dan tidak senang apabila terjadi kesalahan. Contoh pekerjaan orang melankolis adalah para peneliti, analisis laboratorium, dan lainnya.

Orang melankolis cenderung menyukai hal-hal yang berbau matematika seperti grafik, data-data, foto, dan angka. Mereka bisa menghitung suatu keuntungan ataupun kerigian secara detail. Tidak seperti tipe koleris, orang melankolis tidak perlu menjadi pemimpin dalam kelompok. Ia akan bertindak hati-hati dan bisa mengingatkan temannya untuk tidak ceroboh dalam melakukan tindakan. Dalam  menyelesaikan pekerjaan, orang melankolis akan berusaha mengerjakan sebaik mungkin. Mereka beranggapan bahwa hasil pekerjaan mencerminkan orangnya.

Orang melankolis merupakan orang yang konsisten yang membuat mereka akan merasa perfeksionis. Apabila ditemukan suatu cara yang sudah terbukti, mereka tidak mau menggunakan cara lain yang belum pernah teruji.

Orang melankolis dalam pekerjaan

Sifat baik orang melankolis dalam pekerjaan adalah mau memperbaiki kesalahannya. Mereka akan bekerja sebaik mungkin agar tidak terjadi kegagalan yang terulang dengan cara meningkatkan kinerjanya. Mereka sangat detail dengan jadwal dan memiliki standar yang tinggi sehingga suatu hal yang direncanakan bisa berjalan dengan rapi.

Jumlah orang dengan tipe melankolis di masyarakat

Dalam suatu populasi di masyarakat, jumlah orang melankolis berkisar 20%-25%.

Sebenarnya orang melankolis memiliki rasa yang halus dan tidak menyakiti orang lain. Mereka juga menginginkan orang lain tidak menyakiti dirinya. Jika ada yang menyakiti dan tidak minta maaf, maka orang melankolis akan menyimpan perasaanya dan bisa menjadi dendam.

Baca: Lebih dekat dengan 4 tipe kepribadian seseorang

sumber: Born to be a Genius karya Adi W. Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *