Rekomendasi sepeda polygon dibawah 3 juta yang cocok untuk pemula

Kembali lagi bersama Pak Mono yang kali ini akan memberikan rekomendasi dalam memilih sepeda dengan merek Polygon yang harganya di bawah 3 juta. saya batasi para ulasan ini harganya 2 – 3juta saja. Pada tahun 2018 saya memiliki sepeda Polygon Monarch 5 yang sudah pernah saya bahas di blog ini. Waktu itu saya beli dengan harga 2,25 juta dan di tahun 2020 pun masih sama harganya. Kita sudah dapat frame dari bahan alloy yang lebih ringan.

Rekomendasi sepeda polygon dibawah 3 juta yang  cocok untuk pemula

Sepeda ini cocok banget untuk gowes ke alun-alun, sekitaran kota tau sekedar beli jajan di warung. Yang penting bisa untuk gerak/ olahraga gowes santai. Kalau kita gabung di klub gowes pasti jadi ingin upgrade komponen sepeda bahkan ingin beli sepeda baru.

review memakai sepeda polygon monarch 5
Polygon Monarch 5 saya yang sudah diajak gowes ke gunung.

Mau tahu cerita upgrade fork Polygon Monarch 5 disini.

Dengan butget 3 juta kita sudah mendapat sepeda yang sudah cukup mumpuni untuk melibas tanjakan. Hal ini tergantung kamu mau menekuni hobi gowes onroad atau offroad. Kalau offroad ringan sudah sangat cukup banget. Nah bagi pemula seperti saya mengambil keputusan membeli Monarch 5 tidaklah salah walaupun di tahun 2020 ini saya sudah ganti sepeda Polygon Xtrada 6. Alhamdulillah ada uang untuk ganti sepeda.

Uang 3 juta ada pilihan sepeda Polygon apa saja yah?

Dengan uang 3 juta kamu bisa pilih Polygon Kelas Monarch dan Cascade. Dengan frame yang sudah Alloy yang ringan banget dan ada pilihan ukuran ban 26 inch dan 27,5 inch dengan kecepatan 7 Speed, yang membuatnya cukup ringan untuk dikayuh saat melewati tanjakan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini!

Cascade 3

Sepeda Cascede 3 dibanderol 2.950.000 dengan ukuran ban 27,5 inch jadi terlihat lebih gagah. Frame Alloy (campuran alumunium), Fork atau schok merek Suntour XCE 110 mm, pengoperan gigi depan 3 speed dan belakang 7 speed, memakai ban Kenda dengan ukuran 27,5 x 2.10 mm yang cukup lebar dan nyaman untuk melewati jalan off road. Berat sepeda Polygon Cascade mencapai 16 kg.

harga sepeda polygon cascade 3
Polygon cascade 3 tahun 2020

Oya rims atau velgnya sudah double wall sehingga aman untuk meda offroad yang cukup berat. Untuk komponen pengoperan gigi depan (FD) dari Shimano Tourney sedangkan gigi belakang (RD) dari Shimano Tourney. Sistem pengkabelan masih di luar frame dan sudah cukup rapi karena berada pada frame bagian atas. Pengereman masih mekanik atau rem biasa

Cascade 2

Polygon Cascade 2 dibanderol dengan harga 2.600.000. Frame sama dengan frame cascade 3 yakni alloy dengan desain pengkabelan ada di luar bagian atas frame yang terlihat rapi.

harga sepeda polygon cascade 2 terbaru
Polygon Cascade 2 tahun 2020

Forknya dari Suntour XCE dengan panjang travel 100 mm. Ukuran ban 27,5 x 2.10 dari Kenda. Berat sepeda ini 16 kg. Pengoperan gigi 7 speed dengan komponen gigi depan Shimano Tourney dan gigi belakang Shimano TZ di bawah tourney.

Perbedaan Polygon Cascede 2 dan Polygon Cascade 3

Dari segi frame bentuknya sama persis cuman beda cat hehe. Nah perbedaan yang signifikan dan terlihat jelas banget adalah pada bagian Fork/ shock. Fork Cascade 2 dari Suntour XCE dengan panjang travel 100 mm sedangkan Cascade 3 panjang travelnya 110 mm. Selisih 10 mm saja.

Kemudian pada bagian pengoperan gigi, bagian belakang RD Cascade 2 menggunakan Shimano TZ Sedangkan Cascede 3 menggunakan Shimano Tourney yang lebih tinggi tingkatannya jadi lebih smooth dalam pengoperan gigi.

Polygon Monarch 5

Sepeda Monarch 5 dibanderol 2.250.000 dengan ukuran ban 26 inch. Frame sudah Alloy yang ringan. Pada sistem pengkabelan berada di luar frame ada pada bagian atas dan bawah frame sehingga terkesan kurang rapi dibandingkan dengan Cascade 2 dan Cascade 3.

harga sepeda polygon Monarch 5 terbaru
Monarch 5 tahun 2020

Ukuran ban 26 x 1.95 sehingga cukup untuk ringan. Bagian shifter atau pengoperan ada 7 speed. Komponen pengoperan depan dari shimano Tourney TZ sedangkan bagian belakang dari Shimano Tourney SIS.

Rims atau velg sudah double wall yang sudah aman tahan banding anti penyok dah. Berat total Monarch 5 adalah 16 kg dan panjang stang/ handlebar 68 cm.

Polygon Monarch 4

Harga sepeda Polygon Monarch 4 adalah 2.050.000. Bentuknya sama persis dengan Monarch 5 baik dari segi ban dan komponen lainnya. Yang membedakan adalah dari segi Forknya. Perbedaan Polygon Monarch 4 dan Monarch 5 pada fork. Fork Monarch 4 menggunakan Suntour XCT yang masih di bawah XCE. Berat Monarch 4 adalah 16 kg. Panjang stang 68 cm

harga sepeda polygon Monarch 4 terbaru
Polygon Monarch 4 tahun 2020

Silahkan tinggal memilih, Saya pribadi dulu memili Polygon Monarch 5 karena butget 2,5 juta dan sisanya bisa untuk beli helm Bolt dan Jersey sepeda murahan hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *