Mendidik dengan Hati

Metode ilmiah biologi dan manfaat mempelajari biologi

Kali ini pak guru akan menjelaskan metode ilmiah biologi dan manfaat mempelajari biologi yang benar. Mengapa benar? Karena berdasarkan sumber dari buku dan pengalaman nyata waktu dahulu saya kuliah praktikum di Universitas Negeri Semarang tercinta. Bagi adik adik Indonesia, ayo kita latihan untuk belajar melakukan penelitian. Perlu diketahui, saat ini tingkat penelitian kita masih sangat kalah dengan negara tetangga yakni Malaysia. Kalau disana orang orang akademik rajin melakukan penelitian. Banyak sekali manfaat kita melakukan latihan penelitian. Diantaranya adalah melatih pola pikir kita sewaktu dini.
metode ilmiah bilogi
metode ilmiah bilogi from science-fair-coach.com

Oke kembali lagi ke materi biologi. Semua materi biologi itu berdasarkan fakta dan berdasarkan pebelitian para ilmuwan dahulu. Fakta tersebut telah diuji di laboratorium dan telah dipublikasikan. Semuanya tadi dibutuhkan kerja ilmiah. Nah kerja ilmiah itu yang bagaimana sih? kerja ilmiah adalah suatu metode yang digunakan untuk menemukan hal atau ilmu yang baru berdasarkan fakta melalui tahapan tahapan tertentu. Tahapan itulah yang akan kita bahas pada materi berikut. Sebelum kita melakukan metode ilmiah kita kenali dahulu beberapa istilah seperti prediksi, rumusan masalah, variabel, dan hipotesis. Agar nantinya paham sebelum melakukan metode ilmiah.

Saya berikan dahulu langkah – langkah metode ilmiah biologi untuk melakukan eksperimen adalah sebagai berikut:
1. observasi atau literatur lapangan
2. merumuskan masalah
3. menentukan hipotesis
4. menentukan prediksi
5. melakukan eksperimen: ada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kemudian keduanya dibandingkan dan dianalisis.
6. membuat laporan eksperimen dan dianalisis
7. kesimpulan
8. mengkomunikasikan/mempublikasikan

Untuk variabel itu ada dua macam yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah perlakuan atau faktor yang dapat mempengaruhi hasil percobaan. Contohnya adalah air, dan pupuk. Variabel terikat adalah hasilnya atau pengaruh dari variabel bebas. Contoh variabel terikat adalah kesuburan tanaman percobaan. Jelas tidak?
Rumusan masalah adalah hubungan diantara variabel terikat dan variabel bebas yang dibuat dalam bentuk kalimat tanya. Misalnya: apakah terdapa pengaruh dari pemberian pupuk organik terhadap kesuburan tanaman kacang tanah?
Hipoteris adalah jawaban jawaban yang sementara dari rumusan masalah yang telah dibuat. Contohnya, pupuk organik berpengaruh terhadap kesuburan kacng tanah. Hipotesis itu belum tentu benar dan belum tentu salah. Oleh karena itu perlu adanya pembuktian. Yaitu eksperimen!!
Prediksi juga tidak kalah pentingnya dengan hipotesis. Di dalam karya ilmiah prediksi ini boleh dimunculkan atau tidak. Bersifat opsional atau pilihan. Namun untuk lebih bagusnya adalah diberikan. Contoh prediksinya adalah apabila tanaman kacang tanah diberi pupuk organik maka pertumbuhannya akan subur.

Eksperimen, sebelum kalian melakukannya. Hendaknya kalian menentukan dahulu alat eksperimen, bahan eksperimen, dan langkah-langkah dalam eksperimen. Di dalam langkahnyapun harus ada dua model yaitu kelompok kontrol dan kelompoh eksperimen. Contoh kelompok kontrol adalah tanaman kacang tanah yang tidak diberi pupuk organik. Sedangkan kelompok kontrol adalah tanaman kacang yang diberi pupuk anorganik. Kemudian dibandingkan hasilnya dan dianalisis. Mengapa kelompok kontrol tidak tubuh subur, mengapa kelompok eksperimen tumbuh subur? Demikian contohnya.

Manfaat mempelajari biologiadalah sebagai berikut:
1. Memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada setiap individu yang bisa diaplikasikan sebagai dasar untuk kemajuan dirinya di masa mendatang
2. Memberikan pengetahuan agar dapat melalukan konservasi terhadap kekayaan alam indonesia ini agar tidak punah dan bisa digunakan terus menerus
3. Memberikan stimulasi terhadap manusia agar bisa memanfaatkan kekayaan alam/ sumber daya alam dengan sebaik baikya.
4. Memberikan pengetahuan tentang bermacam macaram sumber daya yang hayati untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
5. Tentunya bisa mengenal Tuhan lebih dekat yang telah menciptakan alam semesta ini dengan kesempurnaannya. Betapa Maha Besar atas ciptaannya yang beraneka ragam dan manusia bisa belajar dari ciptaannya dalam hal.
Rating: 4.5