Mendidik dengan Hati

Pengertian efek rumah kaca menurut para ahli pakar fisika

Banyak orang yang salah persepsi dengan pengertian efek rumah kaca. Efek rumah kaca itu sendiri diperkenalkan oleh Joseph Fourier di tahun 1824. Menurut beliau efek rumah kaca adalah permukaan benda langin yang mengalami proses pemanasan (dalam hal ini adalah planet dan juga satelit bukan satelit buatan) yang disebabkan karena komposisi atmosfernya dan keadaan atmosfernya.
pengertian efek rumah kaca

Planet seperti Venus, Jupiter dan lainnya juga memiliki efek rumah kaca. Begitu juga dengan bumi. Efek rumah kaca dibagi menjadi dua hal yaitu efek rumah kaca secara alami dan efek rumah kaca secara buatan yakni akibat kegiatan manusia yang menyebabkan efek rumah kaca. Untuk aktivitas manusia yang menyebabkan efek rumah kaca disebut pemanasan global.

Komposisi apa sajakah yang bisa menyebabkan efek rumah kaca sehingga keadaan dan komposisi atmosfernya berubah? Sudah banyak yang tahu bukan? Yaitu karena kadar gas karbon dioksida (CO2) dan gas lainnya yang jumlahnya semakin bertambah. Misalnya semakin banyaknya kendaraan bermotor dan pabrik akan mengeluarkan gas buangnya. Bisa juga dengan akibat pembakaran hutan. Ini lah yang menjadi penyebab utama dalam efek rumah kaca dari ulah manusia.

Efek rumah kaca ada dampak positifnya juga loh. Di pikiran orang tahu tentang efek rumah kaca pasti selalu dampak buruk. Dampak positif dari efek rumah kaca adalah perbedaan suhu di siang hari dan malam hari di bumi tidak jauh berbeda sehingga manusia bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Walaupun berbeda tapi tidak terlalu ekstrim banget.

Jalan cerita dari terjadinya efek rumah kaca adalah:
Energi yang diserap bumi dipantulkan kembali. Bentuk dari pantulan itu adalah radiasi infra red atau infra merah oleh permukaan bumi dan awan. Sebagaian dari inframerah yang dipancarkan bumi kembali di tahan oleh gas CO2 dan awan serta gas lainnya dan akan di pantulkan lagi ke bumi. Sudah paham?

Akibat dari adanya efek rumah kaca dalam hal ini adalah pemanasan global yang berlebihan:
1.Perubahan iklim yang drastis.
2. Daya serap karbon dioksida semakin berkurang oleh atmosfer
3. Meningginya permukaan air laut karena mencairnya es di bagian kutub.
4. Suhu permukaan air laut semakin meningkat.
5. Yang jelas suhu permukaan bumi semakin meningkat.
Itulah pengertian dari efek rumah kaca yang sebenarnya. Mudah dipahami bukan?

Sumber: http://id.wikipedia.org/
Rating: 4.5