Mendidik dengan Hati

Macam macam gaya renang dan pengertiannya serta yang dilombakan

Pak guru akan menjelaskan macam-macam gaya renang, pengertian gaya renang, dan gaya renang yang dilombakan. Saat ini pelajaran olah raga di SMA sudah mewajibkan olah raga renang. Banyak sekali manfaat olah raga renang untuk kesehatan kita. Mungkin bagi kalian yang ingin menambah tinggi badan bisa sering melakukan olah raga ini. Di sekolah kamu apakah sudah mewajibkan olah raga renang? Sesuai di kurikulum 2013 yang sekarang diganti dengan kurikulum KTSP sudah mewajibkan olah raga renang. Kalau di sekolah dekat rumah pak guru, olah raga renangnya menyewa tempat renang yang sudah bekerjasama dengan pihak pengelola kolam renang sehingga tiket masuk kolam renang relatif sangat murah.

Macam-macam gaya renang dibagi menjadi empat. Kalian sudah tahu apa belum? Kalau pak guru bisa berenang dengan tiga gaya yaitu gaya bebas, gaya katak, dan gaya batu hehehe. Berikut ini penjelasan macam macam gaya renang dan pengertian dari masing-masing gaya renang.
1. gaya bebas


Pengertian gaya renang bebas adalah saat berenang posisi dada dipermukaan air. Gaya renang bebas biasa disebut dengan gaya rimau. Gaya ini merupakan gaya seperti binatang yang sedang berenang seperti bunglon, buaya, anjing, dan lainnya. Cara melakukan gaya renang bebas adalah kedua tangan bergantian jauh ke depan kemudian kedua kaki saling menggunting atau sepeti gerakan gunting secara bergantian. Posisi kepala saat berenang berada di permukaan air. Ambil pernafasan saat tangan digerakan ke atas air. Kepasa bisa digelengkan ke kanan atau ke kiri. Gaya bebas sangat mudah dipraktekan. Gaya ini juga merupakan gaya renang yang paling cepat.

2. Gaya katak/ gaya dada
Gaya katak atau gaya dada adalah gaya renang yang posisi kepala di atas permukaan air dalam waktu yang lama, posisi dada berada dipermukaan air, dan gerakan tangan dan kake seperti seekor katak yang sedang beranang. Ketika tangan digerakan seperti katak, kedua kaki dalam keadaan lurus. Sebaliknya saat kedua kaki mengayuh atau seperti katak berenang, kedua tangan lurus ke depan. Gaya ini juga sangat mudah untuk dilakukan bagi pemula.

3. gaya punggung
Gaya renang punggung adalah gaya berenang dengan punggung di atas permukaan air denga posisi tubuh terlentang, kedua tangan dan kaki digerakan seperti gaya bebas. Gaya ini menurut saya sulit dilakukan oleh pemula. Pengambilan napas dari gaya punggung bisa dilakukan secara bebas karena posisi kepala berada dipermukaan air.

4. gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu adalah gaya renang yang merupakan pengembangan dari gaya dada, kedua tangan di ayunkan ke depan saat tubuh berada atau keluar dari air. Orang biasa menyebut gaya kupu-kupu dengan gaya lumba-lumba. Gaya ini merupakan gaya yang paling sulit untuk dilakukan bagi pemula.

Macam-macam gaya renang yang dilombakan berdasarkan nomor perlombaa menurut jarak tempuh, jenis kelamin dan ke empat macam gaya renang seperti di atas. Berikut keterangannya:
1. Nomor renang putri putra dan yang lombakan dalam Olimpiade:
Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1500 m (putra)
Gaya kupu-kupu: 100 m, 200 m
Gaya punggung: 100 m, 200 m
Gaya dada: 100 m, 200 m
Gaya ganti perorangan: 200 m, 400 m
Gaya ganti estafet: 4 x 100 m
Gaya bebas estafet: 4 x 100 m, 4 x 200 m
Marathon 10 km
2. Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra/putri untuk nomor-nomor renang:
Gaya bebas: 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
Gaya punggung: 50 m, 100 m, 200 m
Gaya dada: 50 m, 100 m, 200 m
Gaya kupu-kupu: 50 m, 100 m, 200 m
Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya lintasan pendek), 200 m, 400 m
Gaya ganti estafet: 4×100 m
Gaya bebas estafet: 4×100 m, 4×200 m
Demikian penjelasan macam-macam gaya renang dan jenis-jenis gayarenang yang dilombakan.
Rating: 4.5