Mendidik dengan Hati

Rumus volume kubus dan volume balok

Rumus volume kubus dan volume balok- Hello fellas,,, berjumpa lagi dalam blog penuh edukasi dan penuh dengan ilmu ini. Masih semangat kan belajar Matematikanya. Setelah pertemuan sebelumnya membahas konsep volume bangun ruang yakni volume tabung, kali ini pak guru akan membahas tentang volume kubus dan volume balok.
rumus volume kubus dan balok
Volume Kubus
Kubus merupakan bangun ruang yang terdiri atas 6 bangun datar persegi. Sama seperti konsep volume atau isi bangun ruang lainnya, sebenarnya kuncinya hanya satu yakni luas alas bangun ruang kali tingginya. Nah bentuk alasnya itulah yang nantinya berbeda-beda sesuai dengan nama bangun ruang itu. Bangun kubus, alasnya berbentuk persegi, maka luas alasnya ya luas alas persegi, dan tingginya merupakan panjang sisi persegi, jadi tingginya sama dengan panjang sisinya, jadi rumus volume kubus dapat ditulis:
V= luas alas x tinggi
V= s x s x s
V= s3
            Dengan V= volume kubus (satuan volume)
                          s= sisi kubus (satuan panjang)
Volume Balok
Balok merupakan bangun ruang yang terdiri atas 6 bangun datar persegi panjang (perhatikan gambar di atas). Sama konsep volume seperti kubus, sebenarnya kuncinya hanya satu yakni luas alas bangun ruang kali tingginya. Bangun balok, alasnya berbentuk persegi panjang, maka luas alasnya ya luas alas persegipanjang, jadi rumus volume balok dapat ditulis:

V= luas alas x tinggi
V= p x l x t
Dengan V= volume balok (satuan volume)
              p= panjang balok (satuan panjang)
               l= lebar balok (satuan panjang)
               t= tinggi balok (satuan panjang)

Bagaimana? Mudah dan menarik bukan penurunan rumus volume kubus dan balok? Itulah rumus volume kubus dan balok. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Matematika lainnya yang lebih menarik dan tentunya menantang. 
Rating: 4.5