Mendidik dengan Hati

Contoh energi alternatif

Contoh energi alternatif - Masih dalam blog penuh ilmu ini dan tentunya masih membahas materi Fisika tentang energi. Masalah penggunaan energi merupakan masalah penting yang perlu dikaji agar energi dari sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui bisa ditekan penggunaanya, terutama energi yang berasal dari bahan bakar fosil. Setelah pertemuan kemarin kita membahas tentang energi kinetik dan energi potensial beserta contohnya, energi mekanik, maka pertemuan kali ini Pak Guru akan membahas tentang kelanjutan konsep energi yakni Contoh energi alternatif. Apa saja? Simak uraian berikut!
Contoh energi alternatif

Energi alternatif merupakan semua energi yang dimanfaatkan dengan tujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional khususnya energi yang tidak dapat diperbaharui dengan meminimalkan akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Biasanya digunakan dalam rangka mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang memiliki efek samping terghadap lingkungan serta emisi karbon dioksida yang tinggi yang merupakan penyumbang besar terhadap pemanasan global.
Kata "alternatif" itu sendiri lebih berarti kepada suatu teknologi  untuk menghasilkan energi. Menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil merupakan teknologi alternatif yang diharapkan. Energi alternative ini diharapkan merupakan energi terbarukan yang bisa dihasilkan dari sumber alami, seperti angina, hujan, cahaya matahari, arus pasang atau surut, panas bumi atau secara alami dapat muncul kembali setelah dipergunakan.
Adapun contoh-contoh energi alternatif sebagai berikut:
1.      Alkohol sebagai alternatif bahan bakar fosil
Etanol atau alcohol dapat diproduksi dari berbagai macam bahan pangan dan melibatkan penggunaan seluruh bagian hasil pertanian. Pendekatan baru ini meningkatkan hasil etanol yang diproduksi dan dapat mengurangi emisi karbon karena jumlah energi pertanian yang digunakan sama untuk sejumlah etanol yang lebih tinggi.
2.      Heliokultur
Merupakan suatu proses memanen energi matahari menjadi bahan bakar dengan memindahkan karbon dioksida di atmosfer dengan memanfaatkan pertanian
3.      Biogas hasil pencernaan
Energi alternative ini berhubungan dengan biogas hasil pencernaan kaitannya dengan pemanfaatan gas metana dihasilkan ketika kotoran hewan membusuk. Gas metana yang dikumpulkan dan dimurnikan sangat berguna dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif.
4.      Gasifikasi batu bara sebagai alternatif bahan bakar minyak yang mahal
Gasifikasi batu bara sebagai alternatif bahan bakar minyak yang mahal yang sebagian besar dapat dimanfaatkan untuk alternatif bahan bakar minyak.
5.      Energi alternatif yang bersahabat dengan lingkungan
Sumber energi biomassa juga disebut sebagai sebagai alternatif bahan bakar fosil yang membahayakan bagi ekologi. Tapi perlu diketahui jika biomassa dikomersialkan dikhawatirkan akan membahayakan hutan sebagai penghasil biomassa terbesar (kayu). Oleh karena itu sekarang alternatif terhadap bahan bakar bio berkelanjutan sedang diupayakan dalam bentuk etanol selulosit.
6.      Alternatif "zero carbon"
Dengan adanya global warming yang semakin parah akhir-akhir ini, apalagi tentang isu perubahan iklim, bahan bakar ekonomis rendah karbon sangat diperlukan dalam rangka sebagai sumber alternatif untuk mengeliminasi emisi karbon dan metana.


Itulah penjelasan tentang Contoh energi alternatif. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya. Ingat selain menggunkan sumber energi seefisien mungkin, kita juga harus menjaga keseimbangan lingkungan sekitar. See you guys!
Rating: 4.5