Mendidik dengan Hati

Perbedaan ekonomi mikro dan makro

Perbedaan ekonomi mikro dan makro- Kalian masih berada di blog penuh ilmu ini. Pak guru kali ini akan membahas masalah perekonomian yakni ekonomi mikro dan makro. Apa perbedaanya dan apa pula pengertiannya? Kenapa pembahasan ekonomi sangat penting untuk waktu sekarang bahkan untuk masa datang?
Perbedaan ekonomi mikro dan makro
Pembahasan ekonomi memang tidak akan pernah ada habisnya. Masalah eknomi yang muncul sekarang ini sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan keadaan eknomi suatu Negara dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu Negara dalam pemerintahannya.
Ekonomi mikro (mikroekonomi) merupakan ilmu eknomi yang mempelajari perilaku konsumen dan produsen (perusahaan) dalam penentuan harga-harga pasar, serta banyaknya faktor pemasukan, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro menitikberatkan pada bagaimana berbagai keputusan dan tindakan tersebut mempengaruhi perintaan dan penawaran barang dan jasa, yang nantinya akan mempengaruhi harga, kemudian menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro.
Sedangkan ekonomi makro adalah ilmu eknomi yang membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai inflasi, pemgangguran, dan pertumbuhan ekonomi. Berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintah (pajak).
Adapun tujuan ilmu ekonomi makro yakni memahami peristiwa ekonomi dan dalam rangka memperbaiki kebijakan ekonomi. Sedangkan tujuan ekonomi mikro adalah menganalisis pasar serta mekanismenya dalam membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro juga menganalisis kegagalan pasar ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien, menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.
Perbedaan ekonomi mikro dna makro tertera dalam tabel di bawah ini!
Ekonomi mikro
1.    menganalisis harga barang   tertentu saja,
2.    menganalisis dalam  mengalokasikan faktor produksi agar tercapai kombinasi yang tepat,
3.    menganalisis tingkah laku pelaku ekonomi tertentu saja (produsen    atau konsumen)

Ekonomi Makro
1.    menganalisis harga barang keseluruhan,
2.    menganalisis pengaruh kegiatan ekonomi tertentu terhadap kinerja perekonomian secara nasional,
3.    menganalisis permasalahan ekonomi secara keseluruhan seperti pertumbuhan ekonomi, produksi nasional, pengangguran.
Itulah penjelasan tentang Perbedaan ekonomi mikro dan makro. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya. See you guys!
Rating: 4.5