Mendidik dengan Hati

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik - Kalian masih berada di blog penuh dengan ilmu ini. Kali ini pak guru masih akan membahas seputar Biologi. Setelah sebelumnya membahas perbedaan selhewan dan sel tumbuhan, kali ini pak guru akan menjelaskan mengenai perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, apa maksudnya itu? Baiklah simak baik-baik penjelasan berikut! Check these out!
Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik
Perlu diketahui sebelumnya, sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti atau penjelasannya sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki sistem endomembran sehingga sel tipe ini memiliki materi inti yang tidak dibatasi oleh sistem membran, tidak memiliki organela yang dibatasi oleh sistem membran. Adapun contoh organisme yang memiliki jenis sel prokariotik ini adalah pada ganggang biru dan bakteri. Sedangkan sel eukariotik itu sendiri merupakan sel yang memiliki membran inti. Lebih jelasnya sel eukriotik merupakan tipe sel yang memiliki sistem endomembran. Pada sel eukariotik, inti tampak jelas karena dibatasi oleh sistem membran. Pada sel jenis ini, sitoplasma memiliki berbagai jenis organel seperti retikulum endoplasma (RE), mitokondria, badan Golgi, kloroplas (kuhusus pada tumbuhan), badan mikro, dan lisosom. Adapun contoh organisme yang memiliki jenis sel ini adalah sel tumbuhan dan sel hewan.


Nah berikut ini perbedaan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik lebih ringkasnya:
Perbedaan utama sel prokariotik dan sel eukariotik adalah terletak pada inti selnya. Sel prokariotik tidak memiliki membran pada inti sel sedangkan sel eukariotik jelas memilikinya. Perbedaan struktur dan fungsinya juga berbeda pada kedua jensi sel ini.

1.      Membran Inti,

Hal ini merupakan perbedaan utama pada kedua sel tersebut. Membran inti terdiri dari dua lapis lipid (membran inti dalam dan membran inti luar). Ruang antara lapisan tersebut disebut ruang perinuclear. Membran inti menyelubungi inti sel.


2.      Organela,

Sel prokariotik tidak memiliki organel seperti retikulum endoplasma (RE), sentriol, badan golgi, lisosom, dan mitokondria. Sedangkan sel eukariotik jelas memilikinya.


3.      Mesosom,

Sel prokariotik tidak memiliki organela mitokondria. Mesosom merupakan organela penggantinya. Mesosom berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel sehingga dihasilkan energi yang akan digunakan untuk aktifitas di dalam sel. Sedangkan proses respirasi pada sel eukariotik terjadi pada mitokondria. Mesosom tidak terdapat di sel eukariotik.


4.      Dinding Sel,

Tidak semua sel eukariotik memiliki dinding sel. Seperti sel hewan, dinding sel pada sel prokariotik mengandung peptidoglikan. Sedangkan dinding sel pada sel eukariotik tidak mengandung peptidoglikan.


5.      Pembawa Sifat,

Pada sel prokariotik, pembawa sifatnya terdapat pada molekul DNA. Sedangkan pada sel eukariotik pembawa sifatnya tersusun dalam kromosom.


6.      Nukleus,

Nukleus (inti sel) pada sel prokariotik tidak jelas karena tidak ada membran inti yang menjadi pembatasnya. Sedangkan nukleus pada sel eukariotik tampak jelas karena terdapat membran inti yang menyelubunginya.

7.      Ribosom,
Ribosom pada sel prokariotik berukuran kecil dan tersebar di dalam sitoplasma. Sedangkan ribosom pada sel eukariotik berukuran lebih besar dan terdapat pada retikulum endoplasma kasar.

8.      Alat Gerak,

Alat gerak pada sel prokariotik adalah flagela. Sedangkan alat gerak pada sel eukariota beruta flagela, silia yang bergerak-gerak seperti amoeba.


9.      Proses pembelahan sel, mitosis dan meiosis,

Pada proses pembelahan sel, sel prokariotik tidak melakukan mitosis maupun meiosis. Sedangkan sel eukariotik melakukan mitosis dan meiosis.


10.  Ukuran,

Untuk dimensi ukuran sel prokariotik lebih kecil dibandingkan ukuran sel eukariotik. Ini dilihat dari diameter selnya. Diameter sel prokariotik sekitar 1-10 nm sedangkan diameter sel eukariotik berkisar 10-100 nm.


Itulah uraian tentang Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Begitu kompleks ya Allah menciptakan mahluk hidup. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah SWT. Terus berkunjung ke blog ini ya!
Rating: 4.5