Mendidik dengan Hati

Rumus luas layang layang dan luas belah ketupat

Rumus luas layang layang dan luas belah ketupat- Berjumpa lagi dalam blog penuh edukasi dan penuh dengan ilmu ini. Setelah kemarin belajar tentang rumus luas segitigadan luas persegi panjang. Maka kali ini pak guru akan membahas tentang konsep luas bangun datar yang lain yakni layang-layang dan belah ketupat. Bagaimana rumus luasnya? Mari kita lihat pembahasan berikut!
Rumus luas layang layang dan luas belah ketupat
Bangun Layang-Layang
Layang-layang bangun datar berdimensi dua yang dapat dibentuk oleh dua pasang sisi/ rusuk yang masing-masing pasangannya sama panjang dan saling membentuk sudut. Adapun rumus luasnya adalah
L= ½ x d1 x d2
Dengan L= luas Layang-layang (satuan luas)
              d1= diagonal satu (satuan panjang)
              d2= diagonal dua (satuan panjang)


Bangun Belah Ketupat
Belah ketupat adalah bangun datar berdimensi dua yang dapat dibentuk oleh empat buah rusuk yang sama panjang, dan memiliki dua pasang sudut bukan siku-siku yang slaing berhadapan yang keduanya sama besar. Belah ketupat juga dapat dibangun dari dua buah segitiga sama kaki yang sama persis yang pada alas-alasnya bersimetri. Adapun rumus luasnya adalah
L= ½ x d1 x d2
Dengan L= luas belah ketupat (satuan luas)
              d1= diagonal satu (satuan panjang)
              d2= diagonal dua (satuan panjang)

Berikut ini contoh soal penggunaan rumus luas belah ketupat
Suatu lapangan berbentuk belah ketupat dengan panjang diagonal pertama 12m dna diagonal kedua 20m. Berapa luas lapangan tersebut?
Jawab:
Maka L=1/2 x d1 x d2
          L=1/2 x 12 x 20
          L= 120m2
          Jadi luas lapangan 120m2.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Itulah rumus luas layang-layang dan luas belah ketupat serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,, karena akan ada pembahasan materi Matematika lainnya yang lebih menarik dan tentunya menantang. 
Rating: 4.5