Mendidik dengan Hati

Cara mudah belajar matematika dari pak guru IPA

Bagamana sih cara mudah belajar matematika? Saya bosan belajar matematika karena matematika itu sudah. Banyak hitung-hitungan dan selalu menggunakan rumus. Jika kamu berkata demikian, kamu tidak akan pernah bisa matematika. Matematika itu sebenarnya mudah sekali. Kalau kita bisa memahami dan mengenalnya kita bisa menaklukan matematika.
Cara mudah belajar matematika dari pak guru IPA
Bagaimana cara menaklukannya? Ibarat matematika itu adalah teman akrab kamu. Teman akrab tentu sering ketemu, sering makan bareng, sering bermain bareng, dan sebagainya. Begitu juga dengan matematika, dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhubungan dengan matematika. Dari mau berangkat sekolah yang kita meminta uang saku pada bapak atau ibu sudah berurusan dengan matematika. Saat kamu berangkat naik sepeda dengan jarak 2 km yang kamu tempuh juga matematika sehari-hari.
Cara mudah belajar matematik ala pak guru IPA:
1. Sering membaca.
Dengan sering membaca materi kita akan semakin paham. Beda loh antara paham dengan hafal. Kalau paham kita bisa hafal rumu. Tapi kalau hafal belum tentuk kita paham. Membaca, membaca, dan membaca kemudian diiringi soal adalah tahap pertama
2. Latihan soal.
Pada tahap kedua setelah membaca adalah latihan soal. Kamu bisa mengerjakan contoh soal yang sudah ada jawabannya kemdian kamu mencocokkan jawaban kamu dengan jawaban yang ada di buku. Latihan soal itu bertahap. Latihan dari yang mudah kemudian yang sulit. Semakin kita banyak mengerjakan soal, kita jadi semakin paham dengan materi. Saya sangat yakin akan hal itu.
3. Temukan cara belajar kamu.
Ada anak atau teman kamu yang saat belajar sambil mendenganrkan musik. Ada juga teman kamu jika sedang belajar butuh ketenangan alias tidak mau diganggu. Kalo tipe yang ke dua tipe bapak guru. Nah ketahui dulu tipe kamu seperti apa. Apakah ada yang masih suka ditemani oleh kakak di rumah ataupun ditemani orang tua?
4. Cari suasana sesuai selera kamu.
Kamu bisa menentukan sendiri kamu belajarnya ruangan kamu. Apakah kamu suka belajar di kamar? Di ruang tamu? Atau di ruang televisi? Atau juga ruang keluarga? Nah pilihlah suasana tersebut. Dengan suasana yang kamu senangi, kamu akan semangat belajar.
5. Jangan lupa sediakan makanan atau minuman favorit kamu.
Saat belajar pasti kita akan merasa ada yang kurang kalau tidak ngemil. Kamu bisa menyediakan makanan kecil atau minuman yang kamu sukai untuk menambah energi dan semangat kamu. Dari penelitian, mengunyah permen karet dapat mendatangkan inspirasi jitu loh.
6. Membuat alternatif untuk paham dengan materi matematika.
Jika kamu yang sukar memahami atau ingat persmaan matematika. Kamu bisa membuat kata-kata tertentu atau singkatan tertentu untuk mempermudah ingatan kamu. Misalnya begini: SINDEMI, yang artinya sinus adalah perbandingan sudut yang berhadapan atau depan dibanding dengan sisi yang miring. COSAMI, cosinus samping banding miring. TANDESA, tangen depan banding samping. Mudah bukan?
Demikian cara mudah belajar matematika yang dapat pak guru sampaikan. Semoga pengalaman saya dapat menambah wawasan dan inspirasi buat kamu dimanapun berada. Cintailah matematika seperti kamu mencintai seseorang. Pahamilah matematika seperti kamu memahami teman akrabmu. Dekatilah matematika seperti kamu dekat dengan pacar atau teman akrab kamu. Jangan lupa keenam langkah tersebut selalu diiringi dengan doa dan ibadah yah!
Rating: 4.5