Mendidik dengan Hati

Penyebab dan dampak perubahan iklim

Pembahasan kali ini akan pak guru jelaskan penyebab perubahan iklim dan dampak perubahan iklim. Saat ini kita bisa merasakan perubahan iklim. Apakah kamu bisa merasakannya pula? Coba kita lihat saja pada bidang pertanian. Para petani di Indonesia banyak yang mengalami kerugian akibat perubahan iklim. 
dampak perubahan iklim
dampak perubahan iklim
Karena petani tidak bisa memprediksikan perubahan iklim yang bergeser agak jauh. Kalau dahulu petani sudah bisa menentukan musim kemarau dan musim penghujan sehingga petani bisa mengantisipasi seperti masa panen dan masa tanam. Misalnya pada bulan Mei, petani masih bisa menanam tanaman akan tetapi musim kemarau sudah datang di awal sehingga mereka gagal panen.
Penyebab perubahan iklim di Indonesia:
1. Pemanasan global
Untuk penjelasan pemanasan global yang lebih lengkap bisa kamu lihat disini. Pemanasan global menjadi penyebab utama dari perubahan iklim. Jumlah kendaraan di Indonesia saat ini terus bertambah. Hampir semua rumah memiliki sepeda motor bahkan lebih dari satu. Emisi gas kendaraan atau gas buang kendaraan adalah gas monoksida yang akan meninmbulkan efek rumah kaca. Gas monoksida dari kendaraan dan dari pabrik menyebabkan jumlah gas tersebut di atmosfer bertambah banyak. lihat akibat pemanasan global.
2. Luas hutan yang semakin menurun.
Saat ini hutan di Indonesia semakin menurun seiring dengan meningkatnya populasi manusia. Hutan merupakan paru-paru dunia. Jaman dulu, Indonesia mendapat julukan zamrud khatulistiwa karena mempunyai hutan yang luas. Hutan sebagai penyerap gas karbon dioksida dan mengeluarkan gas oksigen. Itulah yang disebut dengan respirasi tumbuhan. Jika jumlah hutan semakin berkurang, maka karbondioksida semakin bertambah di atmosfer.
3. Menipisnya lapisan ozon.
Dari hasil penelitian tentang lapisan ozon, di kutub utara terdapat lubang lapisan ozon yang lebih besar daripada lubang lapisan ozon di kutub selatan. Fungsi lapisan ozon adalah sebagai penyaring (filter) dari radiasi sinar matahari yang menuju ke bumi. Daya serap lapisan ozon terhadap sinar ultraviolet mencapai 90%. Sedangkan yang jatuh ke bumi adalah 10%. Coba kita bayangkan yang 10% saja sudah panas seperti ini. Bagaimana kalau lubang ozonnya semakin besar?
4. Badai panas.
Badai panas yang bernama el nino menyebabkan udara panas. Pada kasus bulan Mei 2015 di India terkena badai tersebut sehingga 500an orang meninggal dunia karena tidak bisa bertahan dengan cuaca yang panas. Badai la nina menyebakan curah hujan tinggi sehingga sering terjadi banjir.

Dampak perubahan iklim di Indonesia
1. Petani banyak yang gagal panen karena tidak bisa memprediksi musim tanam dan panen.
2. Banyak daerah yang mengalami kekeringan.
3. Banyak satwa liar yang meninggal karena tidak bisa menyesuaikan diri dan kehilangan rumput yang dimakan.

4. Banyak wabah penyakit yang timbul di masyarat.
Rating: 4.5