Mendidik dengan Hati

Perbedaan pasar uang dan pasar modal

Perbedaan pasar uang dan pasar modal. Pengertian pasar uang adalah pasar yang melakukan kegiatan jual beli mata uang internasional. Pasar uang biasa disebut dengan pasar valas atau valuta asing atau juga forex. Keuntungan yang bisa diraih dari pasar uang lebih besar, namun kerugian yang ditanggung juga besar.
Perbedaan pasar uang dan pasar modal
gambar perbedaan pasar uang dan pasar modal secara singkat
Yang termasuk ke dalam pasar uang adalah dana pensiun, bank, individu masyarakat, lembaga pemerintah, perusahaan asuransi, dan yayasan.
Pengertian pasar modal adalah tempat bertemunya pembeli modal dan penjual modal. Biasanya pasar modal yang diberikan penjual dalam bentuk hutang atau modal sendiri.

1. pasar uang, dana yang ditransaksikan atau jual beli adalah untuk jangka pendek. Sedangkan di pasar modal, uang yang dipasarkan adalah untuk jangka waktu yang panjang.
2. pasar uang diperlukan dalam waktu yang singkat. Sedangkan pasar modal diperlukan untuk jangka waktu yang lama.
3. pasar uang bisa dilakukan oleh semua masyarakat. Sedangkan pada pasar modal hanya dilakukan oleh instansi atau lembaga baik negeri maupun swasta.
4. produk pada pasar uang relatif pendek seperti tabungan atau deposito. Sedangkan pada pasa modal relatif panjang seperti saham dan reksa dana.
5. yang memegang otoritas paling tinggi pada pasar uang adalah Bank Indonesia. Sedangkan pada pasar modal adalah dari departemen keuangan.
6. pasar uang mudah kita dapatkan seperti di bank. Sedangkan pasar modal harus melalui prosedur yang rumit seperti di bursa efek Jakarta dan Surabaya.
7. pada pasar uang memiliki resiko yang lebih rendah. Sedangkan resiko di pasar modal relatif lebih tinggi.
8. pasar uang bertujuan untuk kebutuhan jangka pendek. Sedangkan pasar modal bertujuan untuk kebutuhan jangka panjang.
9. Keuntungan pasar uang adalah bunga. Sedangkan keuntungan pasar modal adalah capital gain dan dividen.
Rating: 4.5