Mendidik dengan Hati

Perbedaan mitosis dan meiosis

Di tempat les banyak anak yang bertanya apa perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis. Sebenarnya kedua proses tersebut merupakan pembelahan sel. Apa tujuan sel membelah dirinya? Tujuannya adalah untuk reproduksi sel baru. Mitosis dan meibosis terjadi pada pembelahan eukariota.
Perbedaan mitosis dan meiosis adalah sebagai berikut:
a. Pada pembelahan mitosis dapat memproduksi sel anak bisa membelah lagi. Sedangkan pada meiosis, sel dapat menjadi gamet dan tidak bisa membelah lagi.
b. Mitosis terjadi pada semua sel. Sedangkan meiosis hanya terjadi pada sel gonat dan hanya terjadi saat pembentukan gamet.
c. Mitosis terjadi pada satu tahap atau satu siklus dalam pembelahan sel. Sedangkan meiosis terjadidua tahapan pembelahan, yaitu meiosis satu dan meiosis 2.
d. Tempat terjadinya mitosis pada sel autosomatik. Sedangkan pembelahan meiosis tempatnya pada sel gonatik.
e. Tujuan dari mitosis adalah untuk pertumbuhan. Sedangkan meiosis adalah bertujuan untuk membentuk gonad.
f. Pada mitosis terjadi interfasi sebelum terjadinya pembelahan. Sedangkan pada meiosis tidak terjadi interfasi antara meiosis satu dengan meiosis dua.
g. Pada mitosis terjadi pertukaran segmen kromosom. Sedangkan pada meiosis pindah silang yaitu antara kromosom homolog yang mempunyai pasangan.
h. Hasil pembelahan sel baru pada mitosis memliki sifat genetik yang sama dengan sel sebelumnya. Sedangkan pada meiosis, sel baru memiliki kromosom yang jumlahnya separuh dari sel sebelumnya.
i. Pembelahan satu sel mitosis menghasilkan dua sel baru, jumlah kromosomnya sama. Sedangkan pada pembelahan meiosis menghasilkan 4 sel baru dan mempunyai kromosom yang jumlahnya separuh dari sel sebelumnya (sel induk).
j. Pada mitosis terjadi satu kali pembelahan. Sedangkan pada pembelahan meiosis terjadi dua kali pembelahan.
Demikian penjelasan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis yang pak guru ipa sampaikan. Belajar terus, jangan merasa lelah. Tapi luangkan istirahat juga yah
Rating: 4.5