Mendidik dengan Hati

Ciri-ciri mata minus dan penyebabnya

Pak Mono aka mengupas ciri-ciri mata minus dan penyebab mata minus. Saya sendiri memiliki mata minus. Mata sebelah kanan minus 1,25 dan mata yang sebelah kiri minus 1. Sy merasakan minus ketika masih di kelas1 SMA. Alhamdulillah dari pertama periksa 10 tahun yang lalu mata minus saya masih tetap ajeg tidak berubah.

Sebelumnya saya pernah berobat ke dokter, ke spesialis pijat saraf, dan membeli obat mata baik yang herbal maupun non herbal tapi hasilnya tetap nihil. Mata saya tetap minus saja tidak berubah. Memang kata dokter mata bahwa mata minus itu sulit disembuhkan. Kalau mau sembuh dengan cara di “lasik” yang harganya jutaan rupiah. Namun kalau yang matanya sudah minus 5 ke atas juga tidak dapat sembuh total dan hanya menurunkan mata minus saja. Jadi banyak bersyukurlah bagi kalian yang matanya tidak minus.
Ciri-ciri mata minus dan penyebabnya
Ciri-ciri mata minus yang mudah dideteksi oleh diri kita
1. Pandangan mata kabur
Untuk menguji pandangan yang mulai kabur, Anda dapat mencoba melihat tulisan yang ada di dinding, kalau gak ada tulisan bisa dengan jam dinding. Coba berdiri 10 meter atau 8 meter dari depan tulisan atau depan jam dinding. Kemudian coba mata sebelah kanan untuk melihat tulisan tersebut dan mata sebelah kiri di tutup. Apa yang terjadi? Kalau tulisannya kabur berarti mata Anda minus. Kemudian coba gantian mata kiri yang melihat tulisan, jika mata kiri Anda kabur ya berarti mata kiri Anda minus.

Coba Anda bandingkan mata sebelah kanan atau kiri kah yang pandangannya lebih kabur? Nah cara itulah yang mudah untuk mendeteksi mata minus pada diri kita. Selanjutnya kita bisa ke dokter untuk memeriksakan mata kita. Di dokter kita akan di tes lagi untuk mengetahui secara lebih jelas berapakah besar minus mata kita. Kita juga akan disarankan untuk membeli kacamata bisa di dokter mata langsung atau bisa di outlet kacamata.

2. Pada saat bangun tidur, pandangan mata akan terasa lebih kabur
Pada saat bangun tidur, kita akan merasakan pandangan mata kita kabur dari biasanya. Karena mata kita menyesuaikan terhadap cahaya lebih lama.

3. Jarak pandangan kita menjadi terbatas
Pandangan kita akan terbatas pada jarak tertentu. Misalnya saya pribadi untuk melihat tulisan dengan jelas hanya sekitar 3 meter. Selebihnya jika melihat tulisan kecil yang ada di dinding sudah kabur, misalnya melihat kalender di dinding. Jadi kita akan kesulitan membaca. Bagi siswa yang bersekolah tentu akan sangat mengganggu sekali ketika ingin melihat tulisan di papan tulis.

4. Ketika berada lama di depan laptop, kita susah fokus melihat tulisan di depan laptop sehingga akan terasa pusing di kepala.
Saya pribadi sekarang tidak bisa berlama-lama di depan laptop. Apalagi kalau tidak memakai kacamata, mata saya jadi susah fokus dan tulisannya seperti berlari tidak mau dibaca hehe. Sebaiknya jika banyak kerjaan di depan komputer selang 25 menit untuk melihat jarak jauh, misalnya melihat ke arah jendela atau melihat ke arah sekeliling kita sehingga mata kita tidak terus berakomodasi (menegang).

Penyebab mata minus
1. Faktor keturunan
Mungkin bagi Anda yang memiliki bapak atau ibu yang matanya minus lebih dari 3 biasanya dari keturunan. Banyak anak yang masih balita tapi minusnya sudah besar. Ada yang minus 3, minus 4, minus 5 bahkan minus 7. Itulah minus dari keturunan. Kalau yang tidak keturunan minusnya paling hanya 0,5 atau minus 1.

2. Faktor penyakit
Orang yang memiliki darah tinggi dan diabetes cenderung akan mudah mengalami mata minus.

3. Faktor gaya hidup
Misalnya saya pribadi, waktu masih SMP saya sering belajar di bawah lampu yang kurang terang. Alhasil setelah saya masuk SMA mata saya minus 1. Gaya hidup yang lainnya adalah membaca dalam waktu tiduran baik itu tertelungkup ataupun sambil menghadap ke atas. Mata kita akan terus berakomodasi sehingga lama-kelamaan otot siliari kita menjadi lemah dan mata kita bisa menjadi minus. Kekurangan vitamin A dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan mata minus. Oleh karena itu kita harus penuhi asupan gizi kita dengan banyak makan buah dan sayuran. Sering bermain game di laptop, di depan TV, dan bahkan di depan gatget pun bisa menyebabkan mata minus.

Demikianlah ciri-ciri mata minus dan penyebab mata minus. Untuk menjaga agar mata kita dari mata minus jangan terlalu lama di depan laptop, kalaupun lama selang beberapa menit memandang ke yang lainnya agar mata kita rileks. Sering melakukan senam mata juga bisa mencegah mata minus. Penuhi kebuuhan vitamin A harian kita dengan banyak mengkonsumsi buah berwarna orange dan sayuran seperti wortel.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar