Gerak pada tumbuhan

Gerak pada tumbuhan – Apakah tumbuhan bisa bergerak? Bagaimanakah geraknya? Apakah bisa berjalan seperti manusia? Pak mono akan menjelaskannya secara lengkap. Materi gerak pada tumbuhan ini ada di kelas VIII Semester I. Memang tumbuhan bisa bergerak, tapi gerakannya sangat terbatas dan hanya bisa bergerak bada bagian tertentu saja. Tumbuhan juga bisa menanggapi rangsang sama halnya manusia. Contohnya adalah ketika kita memegang daun putri malu, kemudian putri malu itu akan menguncupkan daunnya.
Gerak pada tumbuhan
contoh gerak nasti pada tumbuhan
Bagian tumbuhan yang bisa bergerak adalah pada bagian daun, ujung akar, dan ujung tunas. Gerak pada tumbuhan berdasarkan sumber rangsangan dibagi menjadi dua yaitu gerak etinom dan gerak otonom (endonom).
1. GERAK ETINOM
Pengertian gerak etinom adalah tumbuhan dapat bergerak karena ada rangasangan dari luar tumbuhan. Contoh rangsangannya bisa berasal dari zat kimia, cahaya, graviasi bumi, dan air. Gerak etinom dibagi menjadi tiga lagi yaitu tropisme, nasti, dan taksis.
A. TROPISME
Pengertian gerak etinom adalah gerak tumbuhan yang gerakannya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan tersebut. Jika gerak tumbuhan menuju arah rangsangannya disebut gerak tropisme positif, sebaliknya jika gerak tumbuhan menjauhi arah rangsangan disebut dengan gerak tropisme negatif.
A.1 Fototropisme
Pengertian fototropisme adalah gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya rangsangan berupa cahaya. Contohnya adalah tanaman tumbuh ke arah datangnya sinar matahari. Misalnya kamu meletakan pot kacang hijau di jendela, maka tanaman kacang hijau tersebut akan tumbuhnya ke arah jendela yang terkena sinar matahari.
A.2 Geotropisme
Pengertian geotropisme adalah gerak pada tumbuhan yang sebabkan oleh gaya gravitasi bumi. Contoh geotropisme adalah semua akar pada tumbuhan pasti menuju pusat bumi.
A.3 Hidrotropisme
Pengertian hidritropisme adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa air. Akar pada tumbuhan yang menuju dalam tanah untuk mencari tempat air yang banyak agar tumbuhan tetep hidup.
A.4 Kemotropisme
Pengertian kemotropisme adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa zat kimia. Contohnya adalah akar tanaman akan tumbuh dan mencari unsur hara agar bisa tumbuh subur.
A.5 Tigmotropisme
Pengertian tigmotropisme adalah gerak pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh pengaruh rangsangan yang berupa sentuhan atau persinggungan. Contohnya pada tanaman mentimun, semangka, dan sulur akan tumbuh mengikuti cabang kayu atau patok yang
sengaja ditancapkan oleh petani. 
B. TAKSIS
Pengertian taksis adalah gerak pada tumbuhan (bisa berpindah sebagian atau seluruh tubuh tumbuhan) yang dipengaruhi oleh rangsangan. Jika arah gerak tumbuhan menuju rangsangan disebut dengan taksis positif,
sebaliknya jika menjauhi arah rangsangan disebut dengan taksis negatif. Taksis dibagi menjadi dua yaitu kemotaksis dan fototaksis.
Gerak fototaksis adalah tumbuhan bergerak karena ada rangsangan berupa cahaya. Contoh fototaksis adalah Spirogyra atau ganggang bersel satu yang sangat peka dengan rangsangan cahaya. Gerak kemotaksis adalah tumbuhan bergerak karena ada rangsangan berupa zat kimia. Contoh kemotaksis adalah gerakan sel kelamin jantan pada tumbuhan mendekati sel telur.
C. NASTI
Pengertian nasti adalah gerak membuka atau menutup pada bagian tumbuhan karena dipengaruhi oleh rangsangan. Contohnya adalah ketika daun putri malu kita sentuh, maka daunnya akan menguncup. Pada tumbuhan lamtoro, pada siang hari daunnya akan membuka, tapi kalau pada malam hari akan menguncup. Gerakan ini disebut juga tigmonasti atau seismonasti.Gerakan mengatup atau menguncupnya daun tumbuhan pada saat senja/ sore hari disebut niktinasti atau gerak tidur.
Pada bunga tulip mengatup dan membukanya daun dipengaruhi oleh suhu. Gerakan yang dipengaruhi oleh suhu disebut dengan termonasti. Gerakan tumbuhan yang dipengaruhi oleh gerakan serangga disebut dengan haptonasti. Contoh haptonati adalah
pada tumbuhan perangkap.
2. GERAK OTONOM/ ENDONOM
Pengertian gerak otonom atau endonom adalah gerak pada tumbuhan karena ada rangsangan pada diri tumbuhan tersebut. Artinya tumbuhan melakukan gerakan tanpa dipengaruhioleh rangsangan dari luar tumbuhan. Contoh gerak endonom adalah pada ujung batang yang sedang tumbuh, daun yang mulai tumbuh, tangkai bunga yang sedang tumbuh, dan bagian akar yang sedang tumbuh. Demikianlah penjelasan pak mono mengenai gerak pada tumbuha. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *