Mendidik dengan Hati

Pengaruh letak geografis dan letak astronomis bagi Indonesia

Pak mono akan menjelaskan pengaruh letak geografis dan letak astronomis bagi Indonesia. Pengertian letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan batas atau tempat suatu wilayah seperti benua, lautan, dan pegunungan. Secara geografis, Indonesia terletak diantara dua benua (benua Australia dan benua Asia) dan terletak di antara samudra Hindia dan samudra Pasifik.
Pengaruh letak geografis dan letak astronomis bagi Indonesia
Akibat letak geografis inilah di Indonesia memiliki dua pengaruh yang besar. Yaitu pengaruh keadaan alam dan pengaruh keadaan penduduk.
1. Pengaruh keadaan alam :
a. Indonesia dilalui oleh angin muson sehingga di indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan.
b. Letak Indonesia sangat strategis karena merupakan jalur perdagangan internasional yaitu antara dua benua dan dua samudra. Hal ini bisa menambah devisa negara.
2. Pengaruh terhadap penduduk
a. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak suku sehingga Indonesia kaya akan budaya.
b. Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lain yang dahulunya pernah datang ke Indonesia. Hal ini terlihat dari segi agama, seni, bahasa dan peradaban.

Pengaruh letak astronomis bagi Indonesia
Sebelumnya pak Mono sudah menjelaskan tentang letak astronomis Indonesia. Indonesia terletak 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT.
1. Pengaruh letak astronomis bagi Indonesia adalah Indonesia memiliki tiga daerah waktu yaitu WIB, WITA, dan WIT.
a. yang termasuk Waktu Indonesia Bagian Barat adalah pulau Sumatra, Madura, Jawa, kalimantan tengah, kalimantan barat, dan pulau kecil sekitarnya.
b. yang termasuk Waktu Indonesia Bagian Tengah adalah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi.
c. yang termasuk Waktu Indonesia Bagian Timur adalah kepulauan Maluku dan Papua.
2. Pengaruh astronomis karena terletak pada garis lintang Indonesia yang merupakan iklim matahari adalah Indonesia sebagai negara tropis dengan ciri-ciri sebagai berikut :
a. curah hujan di Indonesia tinggi
b. memiliki hutan hujan tropis yang banyak
c. sinar matahari sepanjang tahun
d. kelembapan udara tinggi karena banyak terjadi penguapan.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar