Mendidik dengan Hati

Pengertian peta dan manfaat peta

Pengertian peta adalah gambaran kenampakan dari muka bumi pada sebuah bidang datar dengan menggunakan skala. Di dalam peta terdapat simbol-simbol yang menunjukan gambaran kenampakan bumi yang diperkecil dari ukuran aslinya menggunakan skala.
contoh peta Jawa Tengah yang lengkap
Manfaat peta
Banyak sekali manfaat peta untuk berbagai kepentingan seperti berikut ini :
1. Dengan peta kita bisa tahu jarak suatu tempat ke tempat lainnya. Untuk menentukan jarak tersebut kita bisa melihat skala pada peta dengan cara mengukur jarak pada peta kemudian dikalikan dengan skala yang ada pada peta.
2. Untuk mengetahui arah suatu tempat. Dengan melihat peta kita bisa melihat arah mata angin, apakah itu ara barat, timur, selatan, dan utara. Selain itu kita bisa melihat perbatasan negara kita seperti berbatasan dengan Malaysia, Brune Darusalam, Singapura, Papua Nugini, dan Australia.
3. Peta dapat menjelaskan kondisi lingkungan suatu tempat. Dengan melihat peta kita bisa tahu kondisi iklim suatu tempat, misalnya daerah tersebut dilalui oke garis khatulistiwa ataukah tidak.
4. Peta dapat mengetahui ketinggian suatu tempat. Misalnya di peta terdapat beberapa daerah digambar dengan warna hijau yang artinya daerah tersebut berada di dataran rendah. Derah pegunungan digambarkan dengan warna coklat.
5. Dengan peta tematik, kita bisa melihat dan memperoleh data pada suatu tempat. Misalnya adalah peta tematik yang menggambarkan kepadatan penduduk suatu tempat. Bisa diketahui daerah provinsi mana yang masih jarang penduduknya dan daerah mana yang sudah padat penduduknya.
6. Dengan melihat peta, bisa diketahui daerah mana yang masih bisa berpotensi didirikannya usaha atau pabrik industri. Misalnya daerah laut biasa didirikan pabrik indurstri atau daerah pertambakan. Bila ingin memulai usaha sayuran atau bunga-bungaan, maka harus dipilih daerah yang letaknya di pegunungan.

Itulah penjelasan seputar pengertian peta dan manfaat peta bagi kita. Selamat belajar :)
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar