Mendidik dengan Hati

Macam-Macam Penyakit Telinga

Ada tiga jenis penyakit pada telinga yang sering terjadi pada penderita, diantaranya adalah tuli, congek, dan infeksi. Penyakit tersebut ada yang bawaan dari lahir dan karena terjadi suatu hal pada saat dewasa seperti kecelakaan dan lainnya.
1. Penyakit tuli
Penyakit tuli merupakan gangguan pada telinga yang berakibat telinga tidak bisa mendengar secara normal. Penyakit ini bisa bawaan dari lahir atau setelah dewasa. Penyakit tuli dibagi menjadi dua macam yaitu tuli saraf dan tuli konduksi.
- Tuli konduksi adalah penyakit yang terjadi karena gangguan penghantaran suara. Bagian telinga yang mengalami gangguan pada telinga tengah dan telinga bagian luar. Penyebab telingan konduksi adalah pecahnya gendang telinga, penyumbatan pada saluran telinga oleh cairan serumen maupun benda asing, dan pengapuran pada tulang telinga.
- Tuli saraf adalah gangguan pada telinga yang disebabkan ileh kerusakan saraf pendengaran. Jenis tuli ini sangat susah disembuhkan. Untuk mengatasinya penderita memakai alat bantu pendengaran.

2. Infeksi telinga
Infeksi pada telinga ini bisa disebabkan oleh luka atau bisul pada telinga. Untuk mencegah infeksi pada telinga, ketika kita mau membersihkan kotoran pada telinga sebaiknya jangan menggunakan kuku maupun korek api. Gunakanlah cotton bud yang baik.
3. Congek
Congek merupakan gangguan pada telinga berupa cairan yang berbau. Penyakit congek disebabkan oleh radang pada bagian telinga dalam.
Cara menjaga kesehatan telinga
1. Tidak terlalu sering mendengarkan bunyi yang keras
2. Menjaga kebersihan telinga dengan membersihkannya seminggu sekali menggunakan cotton bud yang bersih.
3. Segera periksakan diri ke dokter THT jika terjadi gangguan pada telinga. 
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar