Mendidik dengan Hati

Macam-Macam Mineral dan Fungsinya Bagi Tubuh

Macam-macam mineral – Fungsi mineral bagi tubuh adalah sebagai zat pengatur dan zat pembangun kesehatan tubuh. Mineral ini terkandung di dalam makanan yang kita makan. Berikut ini beberapa contoh mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita :
Macam-Macam Mineral dan Fungsinya Bagi Tubuh
1. Mineral zat besi
Fungsi zat besi bagi tubuh adalah berperan dalam pembentukan sel darah merah. Bagaimana akibatnya jika kita kekurangan sel darah merah? Akibatnya adalah kita akan mengalami penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Penderita anemia ini ciri-cirinya adalah mudah lelah dan tidak bersemangat untuk beraktifitas. Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah kangkung, daun kelor, daun ubi jalar, bayam, kedelai, hati ayam, dan hati kambing.
2. Mineral Yodium
Fungsi mineral yodium dalam tubuh adalah untuk memperlancar kerja kelenjar gondok. Jika kekurangan zat yodium maka kelenjar gondok akan mengalami pembengkakan. Penyakit ini disebut sebagai penyakit gondok. Jenis makanan yang banyak mengandung yodium adalah garam dapur dan ikan asin atau ikan laut.
3. Mineral zat kapur atau kalsium
Fungsi dari zat kapur atau kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi kita. Selain itu kalsium juga berperan dalam pembekuan darah saat terjadi luka pada tubuh kita. Akibat kekurangan kalsium, maka tubuh seseorang akan mengalami osteoporosis dan gigi mudah rusak. Makanan yang banyak mengandung kalsium adalah kacang merah, kacang kedelai, melinjo, bayam, telur, ikan tawes, ikan kakap, dan daging ayam.
4. Mineral fosfor
Fungsi fosfor sama dengan fungsi kalsium yaitu berperan dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Jika tubuh kekurangan zat fosfor, maka pertumbuhan akan terganggu. Contoh makanan yang banyak mengandung zat fosfor adalah susu, sayuran, kacang merah, jagung, daging sapi, daging ayam, ikan bandeng, dan udang.

Demikianlah ada empat macam mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sebaiknya setiap hari kita makan makanan yang seimbang. Makanan yang seimbang adalah terdiri dari sayuran, buah-buahan, ada protein hewani atau protein nabati. Perbanyak juga minum air putih.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar