Mendidik dengan Hati

Pengertian laporan keuangan menurut para ahli akuntansi

Pengertian laporan keuangan adalah suatu laporan yang berisikan informasi seputar keuangan dari sebuah organisasi. Laporan keuangan di buat atau diterbitkan oleh perusahaan dari hasil proses akuntansi agar bisa menginformasikan keuangan dengan pihak dalam maupun pihak luar yang terkait.
Pengertian laporan keuangan menurut Soemarsono adalah laporan yang dibuat untuk para pembuat keputusan, terutamanya adalah pihak di luar organisasi atau perusahaan, yang isinya posisi keuangan dan hasil dari usahan suatu perusahaan.

Seperti yang kami kutip dari wikipedia, pengetian laporan keuangan adalah sebuah catatan informasi keuangan dari suatu perusahan pada periode tertentu yang bida digunakan sebagai penggambaran kinerja dari perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang lengkap biasanya berisi:

Neraca yaitu laporan yang memberikan gambaran posisi atau letak keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi kewajiban, ekuitas, dan aktiva pada saat tertentu.
Laporan laba rugi yaitu: laporan yang berisi beban, laba, rugi, dan pendapatan dari suatu perusahaan dalam jangka atau periode tertentu.
Laporan perubahan modal yaitu laporan yang menggambarkan perubahan modal karena ada pengurangan dan penambahan dari keuntungan atau kerugian dan juga transaksi pemilik.
Laporan arus dana/kas yaitu laporan yang menyajikan pengeluaran dan penerimaan kas selama periode tertentu, biasanya satu tahun. Laporan arus kas dibahas pada bab tersendiri.
Adapaun tujuan dari laporan keuangan adalah
1. memberikan informasi yang menyangkut keuangan, kinerja, dan posisi keuangan.
2. disusun sebagai kebutuhan bersama dari pemakainya.
3. sebagai laporan pertanggungjawaban atas sumber daya yang diberikan oleh suatu perusahaan terhadap perusahaan yang sedang dikelola
Demikian penjelasan mengenai pengertian laporan keuangan, semoga bermanfaat untuk adik –adik yang sedang belajar akuntansi.



Rating: 4.5