Mendidik dengan Hati

Pengertian pemanasan global dari pakar fisika

Pengertian pemanasan global dari buku Fisika kelas XI karya Marhen Kanginan adalah peningkatan suhu rata-rata udara dan lautan di permukaan bumi. Peningkatan suhu terjadi di lautan sampai meningkat 90%. Karena laut lebih luas daripada daratan dan lautan berperan dalam penyimpana energi.
proses terjadinya pemanasan global secara singkat
Selama seratus tahun suhu rata-rata global meningkat sebesar 0,74 + 0,180 C. penelitian menyimpulkan bahwa suhu rata-rata global meningkat sejak abad 20 karena gas-gas rumah kaca meningkat karena aktivitas manusia seperti maraknya teknologi industri dan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor.
Hasil penelitian IPCC menyimpulkan bahwa gas karbondioksida hasil pembakaran  seperti minyak bumi dan bagubara. Hal tesebut sebagai penyuplai terbesar dalam kasus terjadinya pemanasan global.
Gas rumah kaca (penyebab pemanasan global) dari aktivitas manusia adalah karbon dioksida, nitrogen oksida, metana, dan freon. Jika gas rumah kaca tersebut meningkat dengan pesat, maka suhu bumi juga meningkat pesat pula.
 Peningkatan suhu tersebut karena radiasi sinar infra merah yang dipancarkan kembali oleh permukaan bumi kumudian terserap lagi oleh gas rumah kaca.
Di tahun 1986 ditemukan lubang ozon yang besar di daerah Antartika sedangkan di daerah kutub utara ditemukan lubang ozon yang lebih kecil. Sinar matahari mengandung sinar ultra violet yang kalau kita rasakan terasa pedih dan kering di kulit. Jika lapisan ozon berlubang di daerah Antartika dan kutub utara, maka intensitas sinar UV lebih banyak disana sehingga membahayakan kulit tubuh kita. Untuk menghindari radiasi sinar UV dianjurkan kepada kita untuk memakai kacamata yang hitam.
Fungsi lapisan ozon adalah untuk menyerap sinar Ultra violet. Penyerapan oleh lapisan ozon mencapai 90 persen sehingga intensitas sinar UV yang jatuh ke permukaan bumi yang biasa mengenai kita adalah 10 persen saja.
Demikian penjelasan pengertian pemanasan global. baca juga pengertian efek rumah kaca dari pakar fisika.
Rating: 4.5