Mendidik dengan Hati

5 Karakter Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Agar Menjadi Guru Profesional

Hari selasa, 19 januari 2015 pak Mono mengikuti Seminar Nasional Program Profesi Guru di Universitas Negeri Semarang. Di acara tersebut menghadirkan 3 narasumber yakni bapak Dr. Didin Wahidin, M.Pd selaku Dirjen Dikti, ibu Farida Fatmalatif, S.Pd, M.Pd dan bapak Prie GS seorang budayawan nasional.
ciri-ciri guru profesional
Alhamdulillah banyak sekali ilmu yang disampaikan oleh para narasumber. Kali ini pak Mono akan mencoba mengingat kembali dari coretan-coretan yang saya tulis ketika mengikuti seminar. Saya akan mencoba menuliskan apa yang telah disampaikan oleh ibu Farida Fatmalatif seorang guru berprestasi tingkat nasional. Beliau ternyata seorang guru bahasa inggris yang mengajar di sekolah yang termasuk pelosok di kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.
Beliau memiliki banyak pengalaman yang luar biasa. Beliau ibu Farida menyampaikan untuk menjadi seorang guru profesional harus bisa mengabdi dengan setulus hati atau ikhlas. Jika kita mengajar dengan ikhlas, memperhatikan para siswa, pasti Allah akan memberikan yang terbaik pula untuk kita. Jadi tidak usah khawatir bagi kita yang belum PNS.
5 Karakter Guru Profesional:
1. Ikhlas dalam mendidik
Selengkapnya mengenai keikhlasan klik disini
2. Mempunyai sikap dan jiwa disiplin yang tinggi
3. Menjadi guru yang kreatif dan inovatif (memiliki banyak metode pembelejaran sesuai dengan karakter siswa yang dihadapi)
4. Komunikatif (bisa menyampaikan pembelajaran dengan baik kepada siswa)
5. Selalu siap menghadapi perubahan
Beberapa belakangan ini, para guru banyak yang mengeluh tentang perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013. Sebagai seorang guru yang profesional kita tidak boleh mengeluh dan harus siap dengan perubahan. Jika seorang guru menguasai materi yang diajarkan (sesuai dengan profesinya) maka tidak akan menjadi masalah jika ada perubahan.
Hal yang diperhatikan ketika ada perubahan adalah kita tinggal membuat materi yang disampaikan itu sesuai dengan kompetensi dasar yang ada. Sebenarnya mudah dan tidak ribet kok. Jadi guru yang profesional itu mengeluh dengan perubahan yang ada. Guru yang profesional itu harus bisa kreatif dan memiliki ilmu yang update sesuai dengan bidangnya.
Sebenarnya masih banyak yang saya mau sampaikan, karena keterbatasan waktu saya ketika menulis. Sementara hanya itu dulu mengenai karakter yang harus dimiliki oleh guru profesional.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar