Mendidik dengan Hati

Contoh Paragraf Sebab Akibat dengan Penjelasan yang Lengkap

Contoh paragraf sebab akibat – Kakak sebelumnya pernah membahas sedikit mengenai paragraf sebab akibat pada pembahasan paragraf deduktif dan induktif. Kali ini kakak akan kembali membahas paragraf sebab akibat, akan tetapi secara khusus dan pastinya lebih lengkap dan lebih banyak contohnya.
Paragraf sebab akibat merupakan salah satu bagian dari paragraf induktif, dimana kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Pada paragraf ini kalimat utama yang berada di akhir paragraf merupakan akibat  dari kalimat khusus yang berupa sebab-sebab di awal paragraf.
Contoh Paragraf Sebab Akibat
Kemudian paragraf sebab akibat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Awal paragraf berupa hal-hal khusus yang merupakan penjabaran akibat.
2.  Kalimat utama pada paragraf sebab akibat terletak di akhir paragraf.
3. Kalimat utama berupa simpulan.
4. Sebab-sebab yang berada di awal paragraf berkaitan logis dengan akibat di akhir paragraf.
Setelah kalian membaca dan memahami pengertian dan ciri paragraf sebab akibat, berikut kakak akan memberikan contoh-contoh paragraf sebab akibat.
Contoh 1:
Adit anak yang sangat rajin dan mandiri. Setiap hari ia bangun paling awal dan langsung bersiap ke sekolah, tidak perlu membangunkan ibunya dengan sigap Adit menyiapkan sarapan pagi untuknya. Ibu Adit sudah tua, ia anak bungsu dan kakaknya bekerja di Jakarta. Ayah Adit sudah meninggal sejak Adit masih kecil. Dengan keadaan yang seperti itu Adit tidak pernah menyerah, Adit bahkan selalu menjadi juara kelas. Berkat keuletannya Adit tumbuh menjadi laki-laki pekerja keras dan sukses, bahkan sekarang ia mampu membangun perusahaan yang cukup besar di kotanya.
Contoh 2:
Pemandangan alam agro wisata Kaligua memanglah indah. Hamparan perkebunan teh yang menghijau. Udara sejuk pegunungan dan ramahnya  masyarakat desa membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata ini. Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari Gua Jepang, Danau Ranjeng yang kaya cerita, juga ada Puncak Sakub dimana pengunjung bias melihat indahlanya alam Kaligua dari ketinggian. Selain itu pemandangan indah juga bisa pengunjung nikmti di sepanjang perjalanan menuju objek wisata. Karena berbagai alasan itulah agro wisata Kaligua selalu ramai oleh pengunjung khususnya saat musim liburan.   
Contoh 3:

Pada saat ini ancaman penyakit pada manusia sangat beragam, tidak pandang usia dan tidak hanya yang sudah manula saja yang diserang. Mulai dari stroke, jantung, kanker, dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga pola makan, mengontrol apa yang kita makan, dan menerapkan pola hidup sehat. Makanan instan lebih diminati daripada makanan sehat yang diolah sendiri. Olahraga dan menjaga makan kita merupakan salah satu upaya untuk mengatasinya, jika tidak seperti itu maka akan bertambah banyak manusia yang menderita penyakit-penyakit kronis tersebut. Jadi demikianlah pembahasan contoh paragraph sebab akibat yang dapat kakak bagikan untuk kalian. Semoga bermanfaat.
Rating: 4.5

0 comments:

Poskan Komentar